Tetap Edukasi Selama Pandemi, Taman Pintar Jogja Buat Podcast Cerita Rakyat

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Tetap Edukasi Selama Pandemi, Taman Pintar Jogja Buat Podcast Cerita Rakyat
Taman Pintar Yogyakarta - (Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Podcast Taman Pintar Bercerita mendapat animo yang terbilang sangat tinggi dari masyarakat.

SuaraJogja.id - Meski ditutup bagi wisatawan di tengah pandemi COVID-19 saat ini, objek wisata Taman Pintar Yogyakarta tetap berupaya mengedukasi anak-anak melalui jarak jauh. Melalui Spotify, Taman Pintar meluncurkan Podcast Taman Pintar Bercerita.

Rekaman audio itu menyajikan sederet dongeng cerita rakyat, sehingga Sahabat Tepi, sapaan akrab pengunjung Taman Pintar, tetap bisa menikmati belajar asik dan menyenangkan di rumah.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Afia Rosdiana menjelaskan, podcast tersebut menyajikan berbagai narasi yang dikemas secara ringan dan mengandung pesan moral serta sains selama 15 - 20 menit.

“Sudah kita luncurkan sejak awal Mei dan rencananya setiap minggu sekali tepatnya pada hari Jumat akan kita update cerita-cerita legenda terbaru melalui channel Taman Pintar Bercerita di Spotify,” ucapnya, dikutip dari laman Pemkot Jogja.

Sejak diluncurkan pada awal Mei lalu, pihaknya mengungkapkan, podcast Taman Pintar Bercerita mendapat animo yang terbilang sangat tinggi dari masyarakat, terbukti dengan jumlah pendengar yang terus meningkat.

“Baru sekitar dua pekan diluncurkan, pendengarnya sudah mencapai 88 orang yang sudah mengakses melalui chanel Taman Pintar di Spotify,” tutur Afi.

Afi menambahkan, dongeng atau bercerita memang sebaiknya disajikan dalam bentuk audio, sehingga bisa memantik imajinasi anak-anak saat mendengarkannya.

“Selain itu melalui podcast ini juga meringankan orang tua karena hanya membutuhkan sekitar 1 megabite, dibandingkan video di YouTube yang memakan lebih banyak paket kuota,” terangnya.

Selain para pendongeng dari Taman Pintar, beberapa edisi khusus cerita ada juga yang dibawakan langsung oleh sejumlah tokoh, salah satunya Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, yang membawakan cerita Si Loreng.

“Podcast Taman Pintar Bercerita bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar Sahabat Tepi dengan mendengarkan berbagai cerita menarik setiap minggunya dan mengobati kerinduan untuk berkunjung ke Taman Pintar,” terang Afi.

Meskipun tidak dapat dikunjungi, ungkap Afi, pihak pengelola Taman Pintar berharap dapat "mengunjungi" Sahabat Tepi di rumah melalui berbagai format yang mudah dijangkau, seperti sebelumnya melalui Fanart Challenge di Instagram dan Fun Science Kit yang dapat dibeli secara online.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS