Demi Kuliah Online, Perjuangan Dosen UGM Ini Buat Mahasiswa Terenyuh

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Demi Kuliah Online, Perjuangan Dosen UGM Ini Buat Mahasiswa Terenyuh
Ilustrasi aplikasi Zoom di laptop. [Shutterstock]

Di tengah perkuliahan, dr Achmad kesulitan mengoperasikan aplikasi Zoom.

SuaraJogja.id - Tak semua orang bisa dengan mudahnya menyesuaikan diri untuk melakukan segala kegiatan dari rumah selama pandemi corona. Hal itu pula yang dialami oleh seorang staf pendidik senior Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM), dr Achmad Djunaidi, saat kuliah online.

Ia mengalami kesulitan mengoperasikan aplikasi Zoom. Namun, untuk tetap bisa mengajar mahasiswanya dari jarak jauh, dosen tersebut tak lantas menyerah.

Dikenal sebagai pengajar yang sangat baik, perjuangannya pun membuat mahasiswa terenyuh. Salah satunya disampaikan di Twitter oleh akun @yogardtya.

Perjuangan dosen FKKMK UGM demi kuliah online buat mahasiswa terenyuh. - (Twitter/@yogardtya)
Perjuangan dosen FKKMK UGM demi kuliah online buat mahasiswa terenyuh. - (Twitter/@yogardtya)

Dalam utas yang ia tuliskan pada Kamis (18/6/2020), Yoga Arditya menceritakan, "Mumpung lagi selo habis garap resume, saya mau cerita sedikit, soal guru saya: dr Achmad Djunaidi, SU, AIFM. Beliau salah satu staf senior bagian Ilmu Faal, FKKMK UGM."

Yoga mengungkapkan, pagi itu dalam kuliah online adiknya, dr Achmad dijadwalkan mengajar mahasiswa preklinik lewat Zoom. Namun, rupanya ia mengalami sejumlah kendala karena terbiasa mengajar secara tatap muka.

Di tengah perkuliahan, dr Achmad kesulitan menggunakan fitur share screen, dan mikrofonnya pun dalam kondisi senyap atau mute. Kendati begitu, ia tetap melanjutkan kuliah online alih-alih menundanya.

"Beliau, staf pengajar paling senior di FKKMK UGM, meminta mahasiswa untuk menunggu sementara beliau BERANGKAT ke fakultas untuk meminta bantuan staf lain mengoperasikan Zoom," tulis Yoga.

Dengan sepeda kesayangannya, kata Yoga, dr Achmad berangkat ke kampus. Ia juga sempat meminta maaf sambil tertawa kecil pada para mahasiswa karena terpaksa membuat mereka menunggu dirinya dalam perjalanan dari rumah ke kampus.

"NUWUN SEWU DOK?! LAMA MENUNGGU?! Jangan minta maaf Dok, mestinya Dokter panggil saja kami ke fakultas, kapan saja kami siap. Kami yang butuh kuliah Dok, kenapa Dokter harus repot-repot berangkat sedangkan kami duduk di rumah?!" imbuh Yoga.

Ia tak habis pikir, seorang pengajar senior rela berpanas-panasan menunggangi sepeda ke kampus demi mahasiswanya di tengah pandemi. Bagi Yoga, dr Achmad adalah "guru dari guru-guru kami, guru dari orangtua kami, guru dari dokter-dokter hebat di luar sana."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS