Sembuh dari Covid-19, 4 Polisi DIY Kembali Belajar di SPN Selopamiro

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Sembuh dari Covid-19, 4 Polisi DIY Kembali Belajar di SPN Selopamiro
Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto memberi keterangan kepada wartawan di Mapolda DIY, Rabu (24/6/2020). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Kedelapan anggota polisi yang positif corona itu tak menunjukkan gejala Covid-19 alias OTG.

SuaraJogja.id - Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menerangkan bahwa empat dari delapan anggota polisi aktif yang sebelumnya dinyatakan positif corona berangsur membaik. Empat calon perwira yang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Polisi Negeri (SPN) Selopamioro, Bantul itu kini kembali beraktivitas di sekolahnya.

"Empat dari delapan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang sebelumnya dinyatakan positif [Covid-19], tiga sampai empat hari lalu dinyatakan sembuh. Saat ini keempatnya sudah belajar seperti biasa di SPN," terang Yuliyanto ditemui SuaraJogja.id di ruang kerjanya, Rabu (24/6/2020).

Ia melanjutkan, empat anggota polisi yang lain belum diketahui perkembangan terbarunya hingga saat ini.

"Empat lainnya diketahui masih dirawat tiga sampai empat hari lalu. Nah apakah hari ini sudah berangsur membaik kami belum mendapat laporan baru. Namun empat polisi sudah membaik," tutur Yuliyanto.

Ia menuturkan, dalam mencegah terjadinya penyebaran virus di lingkungan kepolisian, Polda DIY terus menerapkan protokol keamanan Covid-19 baik di dalam lingkungan dan juga saat petugas beraktivitas di luar.

"Kita sedang melawan virus yang tak terlihat, banyak penderita yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Maka salah satu langkah pencegahan virus yakni menerapkan physical distancing. Hal ini kami lakukan di dalam sekolah itu. Jadi tidak berkumpul dalam satu ruangan karena dilakukan juga dengan pembelajaran online," terang dia.

Ia menjelaskan, delapan polisi yang sebelumnya dinyatakan positif corona merupakan anggota polisi yang tengah menjalani pendidikan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri di Sukabumi, Jawa Barat. Terdapat 19 orang yang mengikuti pendidikan di Sukabumi.

Munculnya pandemi Covid-19 memaksa para siswa SIP kembali melanjutkan pendidikan di wilayah Polda DIY. Ke-19 siswa pun menjalani rapid test pertama, dan lima di antaranya dinyatakan reaktif.

Setelah dilakukan tes swab, lima polisi tersebut tak menunjukkan hasil positif corona. Selanjutnya, rapid test kedua dilakukan dan menetapkan satu anggota polisi positif corona dan saat ini telah dinyatakan sembuh.

"Lalu dilakukan lagi rapid test ketiga yang diikuti sembilan anggota. Hasilnya reaktif semua. Setelah diuji swab, satu orang negatif dan delapan orang lain positif corona," papar Yuliyanto.

Delapan anggota polisi tersebut sebelumnya mendapat perawatan intensif di RS Bhayangkara Polda DIY. Kondisi selama dirawat, anggota polisi tersebut tak menunjukkan gejala Covid-19 alias OTG.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS