alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pulang dari Sukabumi, 8 Polisi di Jogja Positif COVID-19

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Jum'at, 12 Juni 2020 | 18:21 WIB

Pulang dari Sukabumi, 8 Polisi di Jogja Positif COVID-19
Ilustrasi update covid-19 [Unsplash/Fusion Medical Animation]

Berdasarkan informasi dari RS rujukan, sebagian besar polisi merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

SuaraJogja.id - Sempat landai, penambahan kasus positif COVID-19 yang cukup signifikan kembali terjadi di DIY. Sebanyak delapan polisi Polda DIY dinyatakan positif COVID-19, Jumat (12/06/2020).

Dari kedelapan polisi itu, dua di antaranya dari Bantul, yakni kasus 256, laki laki 36 tahun dan kasus 261, laki-laki 36 tahun. Sedangkan empat polisi lain dari Sleman, yang terdiri dari kasus 257, laki-laki 39 tahun; kasus 258, laki-laki 37 tahun; kasus 259, laki-laki 34 tahun; dan kasus 260, laki-laki 33 tahun. Dua orang lainnya dari Kota Jogja, antara lain kasus 262, laki-laki 35 tahun dan kasus 263, laki-laki 34 tahun.

"Riwayat kasus 256 sampai 263 merupakan hasil tracing kontak Polda DIY," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penangan COVID-19 Pemda DIY Berty Murtiningsih saat dikonfirmasi SuaraJogja.id, Jumat Sore.

Menurut Berty, berdasarkan informasi dari RS rujukan, sebagian besar polisi merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka adalah siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdikpol Sukabumi yang melanjutkan pendidikan di SPN Selopamioro Bantul.

Baca Juga: Hasil Autopsi: George Floyd yang Dibunuh Polisi Positif Virus Corona

Kasus ini tengah ditelusuri Dinkes kabupaten/kota. Namun, dimungkinkan penularan terjadi karena ada satu kasus polisi yang positif COVID-19 dari para siswa yang ada di SPN.

"Sehingga semuanya dilakukan RDT dan swab. Keterangan dari RS, dari tracing masal di SPN, RDT reaktif 9 orang dan swab positif 8 orang," jelasnya.

Selain delapan polisi, dua orang yang memiliki riwayat dari luar kota juga dinyatakan positif COVID-19. Satu di antaranya kasus 255, laki-laki 25 tahun asal Sleman, yang punya riwayat pulang dari Demak. Satu pasien lain adalah kasus 264, laki-laki 36 tahun asal Bantul, yang punya riwayat perjalanan dari Surabaya.

"Sehingga total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi sebanyak 262 kasus," ujarnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengiyakan munculnya kasus positif COVID-19 dari Polda DIY. Yuliyanto menjelaskan, awalnya sebanyak 19 siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang baru kembali dari Sukabumi dilakukan rapid test di di SPN Selopamioro. Hasilnya, 14 orang non-reaktif dan lima orang reaktif.

Baca Juga: Mewek saat Diciduk, Preman Pengancam Polisi Positif Ganja, Inex dan Sabu

"Dari lima reaktif dilakukan swab, hasilnya negatif semua," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait