Belum Resmi Dibuka, Wisata di Gunungkidul Sudah Didatangi Ribuan Pengunjung

M Nurhadi
Belum Resmi Dibuka, Wisata di Gunungkidul Sudah Didatangi Ribuan Pengunjung
Pantai Jogan di Gunungkidul, Yogyakarta. (Instagram/@yanti_aria)

Masih relatif aman karena masih 5.000 [kunjungan hingga Minggu siang], nanti kalau sudah mencapai 7.000 pengunjung maka akan ditutup, kata Hary

SuaraJogja.id - Pengunjung di sejumlah kawasan wisata pantai di Gunungkidul meningkat beberapa pekan terakhir. Meski saat ini sejumlah obyek wisata belum secara resmi dibuka.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Pariwisata setempat, pada pada Sabtu (27/6/2020), di Pantai Baron dan Kukup tercatat ada 2.230 pengunjung. Sedangkan di obyek wisata Kalisuci tercatat ada sembilan pengunjung dan 200 wisatawan mendatangi Gunung Api Purba Nglanggeran.

Peningkatan jumlah wisatawan terjadi pada Minggu (28/6/2020). Hingga pukul 14.00 WIB, ada 5000 wisatawan mendatangi kawasan pantai dan 400 pengunjung di Gunung Api Purba Nglanggeran.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono menyebut, meski ada peningkatan jumlah wisatawan, namun jumlah tersebut masih ada dibawah yang ditetapkan dalam tahap uji coba. Sebagaimana sebelumnya diputuskan, untuk pengunjung pantai maksimal 7.000 orang dalam sehari.

“Masih relatif aman karena masih 5.000 [kunjungan hingga Minggu siang], nanti kalau sudah mencapai 7.000 pengunjung maka akan ditutup,” kata Hary, kepada Harianjogja.com, Minggu (28/6/2020).

Pemantauan serta evaluasi akan terus diupayakan di sejumlah kawasan wisata. Pasalnya, hingga saat ini yang sudah melakukan uji coba baru obyek wisata Kalisuci, Gunung Api Purba Nglanggeran, Panta Baron dan Kukup.

“Khusus kawasan pantai kita siapkan personel untuk menjaga jalur di sisi timur Kukup agar pengunjung tidak mengarah ke destinasi pantai lainnya,” pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS