Sehari Sebelum Iduladha, Pemkab Bantul Bagikan 33 Kambing ke Warga Miskin

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana
Sehari Sebelum Iduladha, Pemkab Bantul Bagikan 33 Kambing ke Warga Miskin
Bupati Bantul, Suharsono menyerahkan salah satu hewan kurban dari Gubernur DIY kepada warga Bantul di rumah dinas bupati, Kamis (30/7/2020). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Satu sapi yang dibagikan pemkab Bantul merupakan sumbangan dari Gubernur DIY

SuaraJogja.id - Jelang Iduladha 2020, Pemkab Bantul membagikan 33 kambing dan satu ekor sapi kepada warga yang membutuhkan. Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Bupati Bantul, Suharsono, di Rumah Dinas Bupati Bantul, Kamis (30/7/2020).

"Kambing yang ada di sini akan distirubsikan kepada warga yang membutuhkan. Kalau satu ekor sapi tadi bantuan dari Pak Gubernur, yang langsung saya arahkan ke Kebosungu I, Dlingo," ujar Suharsono, kepada awak media.

Dijelaskan Suharsono bahwa puluhan hewan kurban tersebut akan langsung didistribusikan kepada sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Bantul untuk pelaksanaan Iduladha esok hari. Setiap perwakilan takmir atau panitia kurban dari masing-masing masjid mengambil langsung di Rumah Dinas Bupati Bantul.

Suharsono mengatakan bahwa puluhan hewan kurban ini merupakan bantuan yang terkumpul dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bantul. Pihaknya tidak mewajibkan setiap pihak untuk memberikan sumbangan, hal itu datang dari kesadaran dan kemampuan masing-masing.

"Besok saja juga menyembelih lima kambing dan satu sapi di rumah. Nanti rekan-rekan juga boleh datang untuk menikmati bersama dan membawa pulang dagingnya besok," ungkapnya.

Suharsono menuturkan bahwa setiap hewan kurban yang diberikan kepada masyarakat pada hari ini sudah dinyatakan sehat oleh pihak terkait. Hal itu dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

"Hewan di sini sehat semua, tidak ada yang penyakitan," jelasnya.

Ditambahkan Suharsono, ketika nanti dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban semua pihak tetap wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak mencuci daging kurban di sungai guna meminimalisir penyebaran penyakit. Selain itu penggunaan plastik dalam membawa daging juga perlu dihindari.

"Pakai besek atau yang lain tidak usah pakai plastik toh juga hanya untuk membawa daging sebentar," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Yus Warseno mengatakan pokok kesehatan hewan kurban untuk masyarakat ini sudah bisa dipastikan sehat. Selain itu seluruh bantuan hewan ini berasal dari lokal peternak yang ada di Bantul.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS