Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sempat Ditutup, Penerbangan Internasional Bandara YIA Buka Lagi 16 Agustus

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 07 Agustus 2020 | 12:35 WIB

Sempat Ditutup, Penerbangan Internasional Bandara YIA Buka Lagi 16 Agustus
Ruang tunggu keberangkatan Bandara YIA tampak sepi penumpang, Sabtu (4/4/2020) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Setelah sempat ditutup, itu nantinya akan dibuka kembali pada 16 Agustus besok, ujar Pandu.

SuaraJogja.id - Rencana penambahan pembukaan kembali rute penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport  atau Bandara YIA akan dilakukan pada 16 Agustus mendatang. Menurut rencana, akan ada empat rute penerbangan yang kembali dibuka, yakni Kuala Lumpur, Malaysia dan ke Singapura.

Kepastian itu dikatakan langsung oleh Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama saat dikonfirmasi awak media di Bandara YIA, Jumat (7/8/2020). Dikatakan Pandu, penerbangan internasional di YIA sudah sempat dibuka pada Selasa (8/7/2020) lalu. Namun, rute tersebut ditutup kembali saat baru menjalani dua kali penerbangan.

“Setelah sempat ditutup, itu nantinya akan dibuka kembali pada 16 Agustus besok,” ujar Pandu.

Pandu mengatakan, maskapai Air Asia yang masih akan melayani rute penerbangan tersebut. Adapun rutenya Kuala Lumpur-YIA dan kembali lagi YIA-Kuala Lumpur.

Pandu menambahkan bahwa rute tersebut nantinya hanya akan beroperasi dua kali saja dalam sepekan. Dua hari operasional itu akan berjalan pada Jumat dan Minggu saja.

“Terkait untuk rute Singapura, bakal dibuka mulai bulan September mendatang," ungkapnya.

Pandu tidak memungkiri bahwa dalam beberapa waktu terakhir Bandara YIA mengalami kenaikan rata-rata dalam jumlah penumpang. Jika dalam bulan lalu Bandara YIA hanya mendapat sekitar 3.000 hingga 3.500 penumpang, saat ini sudah mencapai 4.500 orang penumpang setiap harinya.

“Selain karena memang kebutuhan, ini juga berkat kepercayaan publik yang terus naik seiring dengan ketatnya protokol kesehatan yang diberlakukan di Bandara YIA,” katanya.

Sebelumnya, Pandu juga menuturkan, belum mendapat instruksi lebih lanjut terkait dengan rencana penghapusan rapid test sebagai salah satu syarat calon penumpang pesawat. Hingga saat ini Bandara YIA masih terus memberlakukan protokol kesehatan yang ketat meliputi juga salah satunya dengan hasil tes bebas Covid-19 baik rapid ataupun swab.

“Jika memang sudah ada instruksi yang turun dari pastinya akan kami ikuti. Namun kami akan tetap mengutamakan segala upaya pencegahan Covid-19 bagi calon penumpang kami," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait