Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berhenti Jadi Rektor UNY, Sutrisna Wibawa Pamit di Medsos

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 30 September 2020 | 20:28 WIB

Berhenti Jadi Rektor UNY, Sutrisna Wibawa Pamit di Medsos
Sutrisna Wibawa mundur dari jabatan Rektor UNY - (Twitter/@sutrisna_wibawa)

"Dalam video tersebut saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Hogwarts cabang Karangmalang, dan masyarakat Konoha cabang Colombo."

SuaraJogja.id - Lewat video berdurasi empat menit di akun pribadi media sosialnya, Sutrisna Wibawa menyampaikan pengunduran diri kepada publik, Selasa (29/9/2020) malam. Saat ini ia telah resmi berhenti sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Video yang mulanya dibuat dengan pesan-pesan yang ditujukan pada khalayak internal kampus ini pun viral di media sosial. Tercatat pada Rabu (30/92020) 2 siang, video tersebut telah disaksikan 60 ribu penonton dengan 7.800 likes dan 420 komentar.

Beberapa akun media sosial bertema pendidikan juga melakukan mengunggah ulang video tersebut.

“Dalam video tersebut saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Hogwarts cabang Karangmalang, dan masyarakat Konoha cabang Colombo, intinya tim mahasiswa, dosen, dan tendik kami, tapi ternyata yang mananggapi civitas akademika se-Indonesia,” ungkap Sutrisna Wibawa, menanggapi fenomena viral-nya video tersebut.

Saat ini Sutrisna Wibawa tengah mengikuti Pilkada Gunungkidul sebagai calon bupati bersama Mahmud Ardi Widanto, Wakil Ketua DPRD 2014-2019 dan putra Bendahara Umum PAN Totok Daryanto, sebagai wakilnya.

Dalam video tersebut, Sutrisna Wibawa mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas UNY atas kerja sama yang baik selama empat tahun kepemimpinannya. Semua pihak, ungkapnya, telah bersatu padu membantu dan mendukung kemajuan UNY.

“[Kerja sama tersebut] sungguh sebuah anugerah istimewa dalam bentangan perjalanan hidup saya, hingga sampai pada tempat persinggahan istimewa pula, yakni [memimpin] Universitas Negeri Yogyakarta),” ungkap mantan rektor yang dikenal sebagai selebgram itu dalam video.

Sutrisna Wibawa juga menyatakan mohon maaf atas segala khilaf sekaligus memohon doa dan munajat agar dapat meniti perjalanan waktu dan persinggahan berikutnya yaitu mengikuti proses pilkada di tanah kelahirannya -- Kabupaten Gunungkidul.

Tak hanya civitas UNY yang merasa sedih atas kepergian eks rektor yang terkenal kocak dan akrab dengan mahasiswa ini. Mahasiswa se-Indonesia pun demikian.

Doni Wahyu Prabowo misalnya, dengan akun instagram @doniwahyu.prabowo, mengungkapkan bahwa dirinya sebagai Presiden BEM Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2016 pernah dibantu berkas pengajuan ke luar negerinya dengan baik, tulus, dan ikhlas. Waktu itu ia meminta bantuan kepada Sutrisna Wibawa dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Dirjen Belmawa di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait