Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ditegur Bawaslu, Anggota DPR RI Tetap Bagikan Kartu PIP Bergambar Paslon

Galih Priatmojo Senin, 21 September 2020 | 13:25 WIB

Ditegur Bawaslu, Anggota DPR RI Tetap Bagikan Kartu PIP Bergambar Paslon
Pilkada Serempak 2020

Sebelumnya anggota DPR RI Esti Wijayanti membagikan kartu Program Indonesia Pintar (PIP) kepada warga di Gunungkidul dengan disertai stiker gambar salah satu bakal paslon

SuaraJogja.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul telah melayangkan surat teguran berkaitan dengan pembagian kartu Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilakukan anggota DPR RI, Esti Wijayanti beberapa hari yang lalu. 

Tetapi, meski sudah mendapatkan teguran, toh pembagian kartu tersebut masih terus berlangsung.

Plt Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmianto mengatakan terkait PIP ternyata sudah masuk ke Gunungkidul dan pihaknya telah berkoordinasi dengan DIY untuk mengeluarkan himbauan agar tidak dilanjutkan.

Jika masih dilakukan maka pihaknya akan melakukann langkah-langkah taktis agar semuanya berjalan dengan fair.

"Nanti tetap akan ada langkah teknis karena sampai sekarang kegiatan itu masih ada,"ujar Tri, Senin (21/9/2020) ketika ditemui di kantornya.

Meski tidak secara gamblang menyebut hak tersebut merupakan pelanggaran pemilu, namun ia menandaskan sudah menjadi kewajiban Bawaslu untuk menjaga agar Pilkada berjalan secara fair. Oleh karena itu, ia mempertanyakan sejauh mana yang bersangkutan menindaklanjuti surat tersebut.

Tri menambahkan, beberapa hari yang lalu pihaknya diundang Komisi 2 DPR RI untuk bertemu di KPU DIY. Di dalam pertemuan tersebut, pihaknya telah menyampaikan perihal reses anggota DPR RI.

Dalam pertemuan tersebut, Bawaslu mewanti-wanti agar para anggota DPR RI yang merupakan manifestasi dari partai tidak melakukan upaya atau kegiatan yang mengarah kepada kampanye terselubung. 

"Kami pun telah menyampaikan ke komisi A DPRD Gunungkidul agar reses tidak digunakan untuk kegiatan yang mengarah ke kampanye. Tetapi secara kewenangan apakah Bawaslu memiliki kewenangan untuk mengawasi reses," tanyanya.

Hingga berita ini ditulis, Anggota DPR RI Esti Wijayanti belum merespon pesan yang dikirim ke nomor WA pribadi yang bersangkutan. Namun beberapa waktu yang lalu Esti mengklaim jika program tersebut memang dari aspirasi dirinya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait