alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dilaksanakan di Masa Pandemi, PIMNAS Ke-33 Justru Diikuti Lebih Banyak Tim

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 26 November 2020 | 20:40 WIB

Dilaksanakan di Masa Pandemi, PIMNAS Ke-33 Justru Diikuti Lebih Banyak Tim
Konferensi pers PIMNAS ke-33 di Selasar lantai 1 Gedung Pusat Pembelajaran Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Kamis (26/11/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Ini luar biasa. Dengan keadaan Covid-19 yang hanya di rumah saja, kuliah juga berlangsung online, tetapi kreativitas mahasiswa tetap terbangun dengan luar biasa.

SuaraJogja.id - Gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020 tetap diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Bahkan tahun ini dipastikan peserta yang ikut pun lebih banyak, yakni 625 tim dari 101 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Juri PIMNAS ke-33 Nuni Gofar saat melangsungkan konferensi pers di Selasar lantai 1 Gedung Pusat Pembelajaran Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Kamis (26/11/2020).

Disampaikan bahwa sebanyak 625 tim itu akan bersaing secara daring di PIMNAS yang mengusung tema "Menempa Generasi Kreatif dan Mandiri di Masa Pandemi Dengan Semangat Kampus Merdeka" kali ini.

Nantinya seluruh tim mahasiswa akan mengikuti kompetisi secara daring pada 26-28 November 2020. Sementara, tim juri bakal melakukan penilaian secara luring di kampus UGM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Apresiasi Kerja KPK, Pukat UGM Curigai Niat Awal Menteri Edhy Ekspor Benur

"Ada sebanyak 2.918 mahasiswa yang terbagi ke dalam 625 tim PKM,” kata Nuni.

Nuni menyebutkan bahwa 625 kelompok yang bersaing di PIMNAS kali ini dibagi menjadi PKM 5 bidang dan PKM Gagasan Tertulis, serta PKM Gagasan Futuristik Konstruktif. Sementara itu, penilaian akan dilakukan oleh 95 orang juri.

Nantinya pelaksanaan penilaian pun juri akan dibagi lagi. Penilaian luring akan dilakukan oleh 75 juri dan 20 sisanya akan melakukan penjurian secara daring.

“Nantinya di masing-masing bidang akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu serta juara favorit dengan total keseluruhan ada 217 medali,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Bidang Pendidikan Tinggi Puspresnas Kemdikbud RI Yas Ahmad Adha mengakui, memang terjadi peningkatan jumlah tim PKM yang lolos ke PIMNAS dari tahun ke tahun. Dari dua tahun terakhir, yakni 2018 dan 2019, masing-masing gelaran meloloskan 420 tim dan 480 tim PKM.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Tak Dukung Riset dan Inovasi, Pakar UGM Temukan Kejanggalan

Sementara peningkatan lebih banyak justru terjadi di pelaksanaan PIMNAS ke-33 saat masa pandemi Covid-19 ini. Seperti yang diketahui, ada sebanyak 625 tim PKM yang lolos PIMNAS pada tahun 2020 ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait