alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Libur Nataru Pengunjung Bakal Meningkat, Gembira Loka Tetap Tegakkan Prokes

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 27 November 2020 | 15:44 WIB

Libur Nataru Pengunjung Bakal Meningkat, Gembira Loka Tetap Tegakkan Prokes
Pengunjung melihat salah satu satwa di kebun binatang Gembira Loka dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker, Jumat (27/11/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Selain itu, penerapan jaga jarak di kebun binatang di Gembira Loka akan diberlakukan antar-keluarga.

SuaraJogja.id - Menjelang libur natal dan tahun baru (nataru), beberapa objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta terus berbenah. Sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan.

Terkait potensi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di libur nataru kali ini, Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) memilih untuk tetap waspada dan bersiap diri. Persiapan mulai dari kelengkapan fasilitas penerapan protokol kesehatan Covid-19 di area obwis hingga penegakan aturan yang tegas.

"Protokol kesehatan dari awal memang sudah disiapkan terkait sarana dan prasarana. Namun pada masa pandemi Covid-19 walaupun sempat tutup dan akhirnya buka lagi, semua itu ditambah, mulai dari tempat cuci tangan dan handsanitizer, dan aturan lainnya, jadi bukan hanya tersedia tapi memadai," kata Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan saat ditemui SuaraJogja.id di Kebun Binatang Gembira Loka, Jumat (27/11/2020).

Fahmi menyebutkan, jumlah tempat cuci tangan atau wastafel di area GL Zoo mencapai ratusan buah. Semua dalam kondisi baik, dengan sabun dan air mengalir yang masih berfungsi.

Baca Juga: Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dibeli

Dari kunjungan yang dilakukan langsung SuaraJogja.id, ratusan wastafel itu memang dalam kondisi yang baik untuk digunakan dan tersedia di pintu masuk serta tersebar di berbagai sudut are GL Zoo yang sering dilewati pengunjung.

Terlihat juga jalur pengunjung yang saat ini sudah dibuat satu arah baik keluar atau masuk. Hal ini guna meminimalisir kontak atau berpapasan pengunjung satu dengan yang lainnya.

Selain itu, pengecekan suhu tubuh juga dilakukan beberapa kali kepada pengunjung yang datang. Mulai dari saat memasuki area parkir, hingga nanti saat akan masuk ke dalam area kebun binatang.

Jika ada pengunjung yang melebihi ketentuan suhu saat dicek akan diminta untuk menunggu di mobil atau luar area kebun binatang untuk beberapa saat sebelum dilakukan pengecekan kembali. Namun ketika saat dicek terus-menerus masih tidak berubah akan diberi pilihan untuk pulang atau boleh menunggu keluarga yang bisa masuk di mobil atau di luar area kebun binatang.

"Tapi sejauh ini belum ada kasus semacam itu. Kami juga tidak menyiapkan ruang isolasi karena itu juga berpotensi kalau digunakan berulang dan tertutup cukup riskan," ucapnya.

Baca Juga: KAI Mulai Jual Tiket Kereta Api untuk Libur Akhir Tahun

Fahmi menuturkan, sterilisasi juga terus dilakukan setiap tiga kali dalam sehari. Sterilisasi itu nantinya akan melihat keramaian pengunjung yang datang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait