alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tuntutan Warga Dipenuhi, TPST Piyungan Hari Ini Dibuka Lagi

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 23 Desember 2020 | 09:41 WIB

Tuntutan Warga Dipenuhi, TPST Piyungan Hari Ini Dibuka Lagi
Tumpukan sampah yang berada di depo sekitar wilayah Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (23/12/2020). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

TPST Piyungan sebetulnya sudah dibuka sejak kemarin hanya truk pengangkut sampah tak boleh bongkar muat.

SuaraJogja.id - Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu atau TPST Piyungan mulai kembali beroperasi pada hari ini, Rabu (23/12/2020). Setelah sebelumnya ditutup paksa oleh warga selama lima hari atau sejak Jumat (18/12/2020) lalu.

Kepala Balai Pengelolaan Sampah TPST Piyungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau DLHK DIY Fauzan Umar, menyampaikan bahwa telah ada mediasi yang dilakukan dengan warga di sekitar TPST Piyungan. Oleh sebab itu warga akhirnya berkenan untuk membuka kembali akses menuju ke TPST Piyungan.

"Tuntutan warga sekitar sudah kami penuhi dan alhasil mereka sudah bisa mengizinkan untuk buang sampah hari ini," kata Fauzan saat dikonfirmasi awak media.

Fauzan menyebutkan memang ada beberapa tuntutan warga yang telah dilaksanakan. Semisal penataan dermaga untuk membuat drainase yang melibatkan Dinas PUP-ESDM sebagai pekerja proyek tersebut.

Baca Juga: TPST Piyungan Ditutup 4 Hari, Warga Desak Pemerintah Ikut Tanggung Jawab

Lalu nanti akan disusul dengan tim perencanaan yang akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengukuran, perencanaan, desain. Setelah semua tersusun dengan matang langsung akan dilakukan pelaksanaan.

Terkait dengan lampu penerangan yang dikeluhkan warga karena telah mati selama hampir enam bulan, kata Fauzan, warga dipersilakan untuk menyampaikan tuntutan tersebut. Baru setelah itu pihaknya akan mencoba mencarikan solusi bersama dengan berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Nanti akan kami mediasi lagi terkait tuntutan itu dengan dinas terkait,” cetusnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Koordinator Petugas Kebersihan Kota Yogyakarta yang enggan disebutkan identitasnya, membenarkan informasi bahwa TPST Piyungan telah dibuka kembali. Pagi ini sebagian driver armada truk pengangkut sampah sudah mulai jalan menuju TPST Piyungan.

"Ini baru saja dapat info dari TPST Piyungan kalau katanya sudah diperbolehkan [buang sampah] mas. Sebagian driver sudah perjalanan menuju sana [TPST Piyungan]," ujarnya.

Baca Juga: Sampah Menumpuk di Kota Yogyakarta

Dikatakan sebelumnya, sebenarnya kemarin siang gerbang menuju dermaga TPST Piyungan telah dibuka. Armada yang telah mengangkut sampah dalam truknya langsung menuju ke TPST Piyungan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait