facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baru Dilantik, Publik Ungkit Sikap Sandiaga yang Pernah Tolak Jadi Menteri

Galih Priatmojo Rabu, 23 Desember 2020 | 13:16 WIB

Baru Dilantik, Publik Ungkit Sikap Sandiaga yang Pernah Tolak Jadi Menteri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). [Foto: Biro Pers Setpres]

Sandiaga Uno sempat diisukan masuk kabinet Jokowi jilid II pada 2019 lalu.

SuaraJogja.id - Sosok menteri baru pilihan Jokowi yakni Sandiaga Uno jadi sorotan publik. Selain pernah jadi rival, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sempat menolak bergabung di kabinet Jokowi.

Presiden Jokowi akhirnya melakukan reshuffle kabinet di pemerintahan periode keduanya. Ada sebanyak 6 pos kabinet yang diganti, salah satunya yakni pos Menparekraf yang beralih dari Wishnutama ke sahabatnya Sandiaga Uno.

Masuknya kader Gerindra yang sebelumnya jadi rival Jokowi di kontestasi Pilpres 2019 pun menjadi sorotan. Sejumlah publik mengungkit kembali soal sikap Sandiaga Uno yang sempat menolak untuk bergabung di istana bersama Prabowo Subianto.

Seperti diketahui pada medio akhir 2019 lalu, nama Sandiaga Uno sempat digadang bakal masuk kabinet Jokowi jilid II. Tetapi dia bersikap untuk tetap berada di luar pemerintahan.

Baca Juga: Kena Corona Sebelum Dilantik, Sandiaga Ungkap Pesan Bismillah dari Istana

Selain dari pernyataannya pribadi, penolakan untuk masuk kabinet Jokowi juga ditegaskan Dahnil Anzhar Simanjuntak yang merupakan jubir Prabowo.

"Ditawarkan saja belum, apalagi kader Partai Gerindra itu banyak sekali. Kandidatnya banyak yang sudah apa, banyak lah. Nama bang Edhy Prabowo mungkin, bang Sandi menolak terkait dengan itu (menteri), beliau tetap berada di luar pemerintahan. Bang Fadli juga demikian," ucapnya seperti pernah diberitakan Suara.com pada Rabu (16/10/2019) lalu.

Sikap penolakan Sandiaga Uno masuk ke kabinet Jokowi itupun diungkit publik di kolom komentar Twitter Partai Gerindra saat mengunggah ucapan selamat atas terpilihnya Sandiaga sebagai Menparekraf.

"Maaf kepencet, ternyata menjaga komitmen itu lebih berat dari kangennya dilan ya," tulis Ibhas disertai tangkapan layar judul berita soal penolakan Sandiaga Uno jadi menteri Jokowi.

Strategi taktis usai dilantik

Baca Juga: Puji 4 Menteri Baru Pilihan Jokowi, Emil Salim: Selamat!

Sementara itu, setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana, Sandiaga menegaskan akan menerapkan dua strategi untuk penguatan sektor pariwisata di Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait