alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini 10 Orang Pertama di Bantul yang akan Mendapatkan Vaksin Covid-19

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 12 Januari 2021 | 16:15 WIB

Ini 10 Orang Pertama di Bantul yang akan Mendapatkan Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Elements Envato)

Ada sebanyak 10 orang yang akan menerima vaksin Covid-19 perdana di Bantul.

SuaraJogja.id - Penyuntikan vaksin Covid-19 segera dilakukan di Kabupaten Bantul. Sebanyak 10 tokoh masyarakat di Bumi Projotamansari akan divaksinasi pertama kali di bulan Januari 2021 ini.

"Benar, ada 10 orang yang divaksin di kabupaten Bantul nanti," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso dihubungi wartawan, Selasa (12/1/2021).

Ia menambahkan vaksinasi nanti dilakukan di RSUD Panembahan Senopati. Sebanyak 10 orang tersebut merupakan tokoh penting yang ada di Bantul.

"Dari pemerintah pusat itu harus 10 orang. Jadi dipilih dari tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pejabat yang akan divaksinasi pertama kali," jelas pria yang akrab disapa dokter Oki itu.

Baca Juga: Sehari Diberlakukan PTKM di Bantul, Masih Banyak Pelanggaran Prokes

Ia mengatakan, masih berkoordinasi kapan waktu penyuntikan vaksin tersebut. Pihaknya terlebih dahulu akan menunggu kedatangan vaksin ke Bantul.

"Kami menunggu vaksin Covid-19 didrop dulu. Saat ini masih berada di provinsi dan kami belum menerima," terang Oki.

Meski belum menentukan waktu penyuntikan, vaksinasi yang diperintahkan dari Pemerintah Pusat dimulai pada 14 Januari mendatang.

"Jika melihat dari pusat kan presiden (Jokowi) dulu yang disuntik. Selanjutnya kami mengikuti arahan dari provinsi bagaimana teknis penyuntikannya," jelas dia.

Disinggung vaksinasi yang akan diterima oleh tenaga kesehatan (nakes), kata Oki rencana diselesaikan pada Januari 2021.

Baca Juga: IGD RS PKU Muhammadiyah Bantul Penuh, Layanan Ditutup Sementara

"Penyuntikan nakes ditargetkan selesai pada Januari ini. Di Bantul ada sekitar 3.600-an nakes. Kami menunggu dulu dropping vaksinnya," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 26.800 vaksin telah diterima Pemprov DIY pada Selasa (5/1/2021). Puluhan ribu vaksin tahap pertama dari PT Bio Farma itu masih di simpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan DIY.

Di Bantul, vaksin-vaksin tersebut akan disalurkan ke-34 fasilitas pelayanan kesehatan. Diantaranya, puskesmas, rumah sakit swasta dan pemerintah serta satu klinik milik Polres Bantul.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait