alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diguyur Hujan, Pohon Tua di Goa Selarong Ambruk

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Jum'at, 22 Januari 2021 | 14:21 WIB

Diguyur Hujan, Pohon Tua di Goa Selarong Ambruk
Bekas pohon tumbang masih tersisa di depan Goa Kakung, objek wisata Goa Selarong, Pedukuhan Kembang Putih RT 2, Kalurahan Goasari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, Jumat (22/1/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Kerusakan material akibat pohon tumbang akan segera diperbaiki. Saat ini lokasi pohon tumbang ditutup sementara.

SuaraJogja.id - Sebatang pohon berdiameter kurang lebih 50 cm tumbang di objek wisata Goa Selarong, Pedukuhan Kembang Putih RT 2, Kalurahan Goasari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Pohon yang diperkirakan berusia 20 tahun itu menimpa teras Gua Kakung di destinasi wisata setempat.

Pedagang di Goa Selarong, Darmi (56), menuturkan, peristiwa terjadi pada Kamis (21/1/2021) dini hari. Dirinya, yang tinggal tidak jauh dari tempat berjualannya, sempat mendengar bunyi runtuhan.

"Malam itu ada bunyi runtuhan, saya cek tidak ada apa-apa awalnya. Ketika bangun pagi dan buka warung, mendapat kabar dari petugas kebersihan, pohon di atas Gua Kakung tumbang," terang Darmi, ditemui SuaraJogja.id, Jumat (22/1/2021).

Ia menjelaskan bahwa dari peristiwa itu, tidak ada korban jiwa. Namun, pohon loa ini merusak lantai beton yang ada di depan Gua Kakung.

Baca Juga: Ada Pohon Tumbang dan Tanah Longsor, Goa Selarong Ditutup Sementara

"Lantainya retak dan bekas tanah masih berserakan, tidak ada korban jiwa karena memang peristiwanya tejadi malam hari," jelas dia.

Koordinator Goa Selarong Mursidi (49) menjelaskan bahwa pohon tersebut tumbang sekitar pukul 02.00 WIB. Tidak ada wisatawan ketika peristiwa terjadi.

"Beruntung tidak ada korban malam itu," kata Mursidi, ditemui di rumahnya.

Ia menjelaskan, kali pertama yang melaporkan pohon tumbang tersebut petugas kebersihan. Setelah itu, pihaknya menghubungi pihak kelurahan dan dinas terkait

"Siang harinya langsung ditangani BPBD. Pohon langsung dipotong. tetapi masih ada sisa pohon yang tertinggal di terasnya," ungkap Mursidi.

Baca Juga: Viral Detik-Detik Pohon Tumbang Remukkan 2 Mobil di Cianjur, 3 Orang Luka

Perwakilan Dinas Pariwisata, lanjut Mursidi, juga sudah melakukan peninjauan ke lokasi. Selain itu, untuk memberi keamanan ketika pengunjung datang lokasi tersebut, area pohon tumbang ditutup garis polisi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait