alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringati HPN, Jurnalis Jogja Bagikan Nasi Kotak ke Supir Becak Malioboro

Galih Priatmojo Selasa, 09 Februari 2021 | 20:35 WIB

Peringati HPN, Jurnalis Jogja Bagikan Nasi Kotak ke Supir Becak Malioboro
Memperingati HPN, jurnalis Jogja membagikan ratusan nasi kotak kepada sopir becak malioboro dan warga lainnya, Selasa (9/2/2021). [Kontributor / Putu Ayu Palupi]

Jurnalis Jogja menggalang donasi untuk membeli nasi kotak yang dibagikan ke ratusan supir becak Malioboro

SuaraJogja.id - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Selasa (09/02/2021) sejumlah jurnalis Jogja menggelar aksi berbagi dengan warga di kawasan Malioboro.

Mereka membagikan ratusan nasi kotak bagi supir becak, kusir andong dan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Malioboro. Mereka merupakan satu dari sekian warga Yogyakarta yang terdampak perekonomiannya selama penerapan kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY.

Sebagai bentuk kebersamaan, jurnalis Jogja mengumpulkan donasi sebesar Rp 3 juta. Donasi tersebut kemudian dialokasikan untuk membeli nasi kotak.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian wartawan pada warga yang terdampak pandemi. Kondisi pandemi ini sangat sulit, karena pandemi belum usai, kami berusaha membantu sebisa kami,” papar koordinator wartawan, Santoso Suparman disela acara.

Baca Juga: Pesona BMW X1 sDrive18i Kini Hadir di Jogja, Segini Harganya

Sementara  salah seorang wartawan senior, Sugiarto mengungkapkan, meski ditengah keterbatasan, para jurnalis mencoba ikut berbagi pada sesama. Meski tak banyak, kegiatan tersebut sangat dibutuhkan para warga terdampak COVID-19.

“Masyarakat di Malioboro sangat merasakan dampak langsung pandemi, apalagi saat ptkm kali ini. Sedikit bantuan ini diharapkan dapat membantu mereka yang membutuhkan," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengungkapkan, ide untuk berbagi pada sesama dalam peringatan HPN merupakan sangat baik di tengah situasi sepert ini.

"Kami sangat mengapresiasi, dan mudah-mudahan membawa manfaat,” paparnya.

Danang Wahyubroto, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DIY menambahkan, HPN 2021 ini menjadi momen yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat pers memiliki peran yang jauh lebih berat.

Baca Juga: Pelecehan di Malioboro Viral, Wawalkot Jogja Minta Petugas Bersikap Sopan

Hal ini seiring tema HPN 2021 yakni "Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi". Pers sebagai salah satu pilar demokrasi setelah lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif, pers di masa pandemi ini semakin berperan dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, termasuk dalam penanganan pandemi COVID-19. Apalagi saat ini tren kasus Covid-19 terus saja meningkat, tak hanya di level nasional namun juga di DIY.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait