alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dimulai Kemarin, Sebanyak 46 Ribu Lansia di Jogja Bakal Divaksin Covid-19

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 27 Februari 2021 | 07:50 WIB

Dimulai Kemarin, Sebanyak 46 Ribu Lansia di Jogja Bakal Divaksin Covid-19
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia (lansia) di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (20/2/2021). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Vaksinasi Covid-19 kepada lansia Kota Jogja itu dilakukan di Rumah Sakit Pratama Jogja.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta memulai pencanangan vaksinasi Covid-19 kepada para lansia. Dalam kesempatan pertama ini terdapat 20 warga lansia di Kota Jogja yang mendapat vaksin Covid-19.

"Hari ini Jumat, 26 Februari 2021, kita melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kota Jogja. Sebagai awal ada 20 orang lansia pertama di Jogja yang mendapatkan vaksin. Pemberian vaksin lansia dimulai hari ini sampai selesai," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, kepada awak media.

Vaksinasi Covid-19 kepada lansia Kota Jogja itu dilakukan di Rumah Sakit Pratama Jogja. Dengan memilih perwakilan lansia dari tiap kemantren dan perwakilan dari Komisariat Daerah (Komda) Lansia Jogja.

Haryadi menuturkan bahwa vaksinasi untuk lansia atau warga berusia lebih dari 60 tahun ini akan dilakukan secara bertahap. Hal itu mengingat jumlah lansia yang berada di Kota Jogja sendiri cukup banyak mencapai 46 ribu orang.

Baca Juga: Kedai Gudeg Jogja di Bekasi Kebakaran, Pemilik Alami Luka Bakar 60 Persen

"Tidak hanya hari ini. Sekarang hanya start saja. Sampai seterusnya nanti jumlah lansia di Kota Jogja akan kami data baik data pasif maupun data aktif. Pasif itu adalah kita yang melakukan pendataan. Kalau data aktif adalah para lansia sendiri yang melakukan pendataan melalui lurah camat yang bersangkutan," terangnya.

Disinggung soal target penyelesaian vaksinasi Covid-19 untuk lansia ini, Haryadi mengaku tidak mempunyai target khusus. Namun memang sebisa mungkin akan diupayakan untuk secepatnya dirampungkan.

Haryadi menegaskan bahwa masyarakat terkhusus lansia tidak perlu khawatir bila tidak kebagian. Pasalnya semua lansia yang memenuhi kriteria di Kota Jogja akan mendapat jatah vaksin Covid-19.

"Pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk lansia akan dilakukan bertahap sesuai dengan antrian dan kesiapan kita dan juga tidak usah khawatir. Soalnya minta [vaksin Covid-19] berapa pun dikasih tapi untuk lansia," tegasnya.

Menurut Haryadi, lansia merupakan komponen masyarakat yang produktif di Kota Jogja. Oleh sebab itu harus dilindungi kesehatannya terus menerus.

Baca Juga: 10 Hotel di Jogja yang Nyaman dan Aesthetic dengan Harga di Bawah Rp350.000

"Kita tidak menutup kemungkinan lansia ini bertemu dengan sanak saudara, cucu, putra putri yang entah dari dalam kota, luar kota atau luar provinsi. Untuk itu karena kerawanan kesehatan maka perlu dilakukan vaksinasi bagi lansia dengan tidak mengesampingkan warga yang lain," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait