alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Tempat Favorit Tradisi Padusan, Wisatawan di Parangtritis Melonjak

Galih Priatmojo Senin, 12 April 2021 | 19:10 WIB

Jadi Tempat Favorit Tradisi Padusan, Wisatawan di Parangtritis Melonjak
Sejumlah wisatawan nampak memadati pantai Parangtritis untuk berwisata di Libur Natal, Jumat (25/12/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Koordinator TPR Parangtritis, Rohmad Ridwanto mengungkapkan memang ada peningkatan jumlah pengunjung Pantai Parangtritis untuk melaksanakan tradisi padusan kali ini.

SuaraJogja.id - Jelang ramadhan, pantai Parangtritis diserbu oleh pengunjung. Masyarakat memilih pantai untuk melaksanakan tradisi padusan dalam menyambut ramadhan tahun ini. Meski tak seramai kondisi normal, namun jumlah pengunjung pantai di Bantul menunjukkan peningkatan.

Koordinator TPR Parangtritis, Rohmad Ridwanto mengungkapkan memang ada peningkatan jumlah pengunjung Pantai Parangtritis untuk melaksanakan tradisi padusan kali ini. Dibanding hari Senin pekan lalu, pihaknya mencatat ada peningkatan jumlah pengunjung.

"Tadi hingga pukul 14.00 WIB, pengunjung Parangtritis sudah mencapai 2.370 orang,"ujar Rohmad, Senin (12/4/2021).

Rohmad menuturkan, di hari Senin ini kunjungan ke Parangtritis didominasi oleh kendaraan roda dua plat lokal dan seputaran DIY. Hal ini wajar karena pada hari terakhir sebelum memasuki bulan ramadhan memang masih hari kerja sehingga kunjungan keluarga masih minim.

Baca Juga: Respon Adanya Larangan Mudik, Halim Akan Buat Sekat di Pintu Masuk Bantul

Berbeda dengan pantai Parangtritis, pantai wilayah barat Kabupaten Bantul cenderung lengang. Hingga pukul 14.00 WIB tadi, jumlah pengunjung pantai wilayah barat Bantul baru mencapai 375 orang. Masing-masing Pantai Samas 200 orang, Pantai 
Gua Cemara 25 orang, Pantai Kwaru 25 orang dan  Pantai Pandansimo ada 125  orang.

"Memang agak sepi. Mungkin hari ini karena hari pertama kerja,"ujar koordinator TPR wilayah barat Bantul, Suto Akhir.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi menuturkan, sehari menjelang puasa memang ada tradisi Padusan yang biasanya dilaksanakan umat muslim. Biasanya mereka mencari destinasi air untuk melaksanakan tradisi tersebut.

"Dan kami memprediksi jumlah pengunjungnya mencapai 3.000 orang pada hari Senin ini atau sehari sebelum puasa,"kata lelaki yang akrab dipanggil Ipung. 

Meski pada bulan Ramadan nanti jumlah pengunjung akan mengalami penurunan cukup drastis, namun pihaknya mencatat hari pekan kemarin jumlah pengunjung tertinggi selama 2021 ini. Bahkan jumlah pengunjung pekan kemarin lebih banyak dibanding libur panjang Perayaan Paskah sebelumnya.

Baca Juga: 4 EWS Pendeteksi Longsor Rusak, BPBD Bantul Andalkan Info dari Relawan

Dari data yang ada di Dinas Pariwisata Bantul, jumlah pengunjung mulai tanggal 5 April hingga 11 April 2021 mencapai 48.309 orang dengan PAD sekitar Rp.470 juta. Dibanding libur panjang Paskah dari tanggal 1-4 April tercatat ada kenaikan 19,49% dan dibanding Minggu terakhir Maret yaitu 29 Maret-4 April ada kenaikan 1,24%.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait