alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Video UMY Bagi-Bagi Menu Sahur Enak, Jam 1 Antrean Sudah Panjang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Sabtu, 17 April 2021 | 12:40 WIB

Viral Video UMY Bagi-Bagi Menu Sahur Enak, Jam 1 Antrean Sudah Panjang
UMY Bagi-bagi makanan sahur - (TikTok/@ripaskidipapap, Instagram/@wonderfuljogja)

Selain yang membagikan ramah, ia juga senang karena menu sahur dari UMY enak.

SuaraJogja.id - Di hari-hari awal puasa Ramadan 2021/1442 H, viral sebuah video yang menunjukkan panjangnya antrean masyarakat yang hendak mengambil makanan sahur yang dibagikan secara gratis oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Video Tiktok dari akun @ripaskidipapap itu dibagikan ulang ke Instagram oleh akun @wonderfuljogja, Jumat (16/4/2021).

Malam itu merupakan pembagian sahur terakhir di UMY karena, menurut info yang didapat @ripaskidipapap, paket makanan yang dibagikan untuk sahur dialihkan ke waktu buka puasa.

Terlihat di tengah suasana gelap malam, sekitar pukul 01.20 WIB sudah mengular antrean para pengendara sepeda motor. Disebutkan bahwa mereka sedang menunggu giliran mengambil makanan sahur di UMY.

Baca Juga: Jadwal Imsyakiyah Surabaya, 5 Ramadan, 17 April 2021

"Antrian sahurnya dari jam 01.20 ternyata udh serame ini gaiss," tulis pemilik video.

Pengunggah video juga mengaku senang lantaran orang-orang yang membagikan makanan pun sangat ramah.

Terlihat seorang perempuan berjilbab dan bermasker memberikan dua kotak makanan sambil mengucapkan selamat sahur pada pria di balik kamera, yang kemudian mengucapkan terima kasih.

"Menunya jg enak: ada nasi pecel, ayam, sama bakwan," tambah @ripaskidipapap. "Makasi banyak UMY. berkah selalu!"

Melalui kolom komentar, terlihat banyak warganet ikut tertarik untuk mendapatkan makanan gratis dari UMY di bulan Ramadan itu.

Baca Juga: Awas! Minum Kopi Tak Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Ini Kata Dokter Tirta

TONTON VIDEONYA DI SINI.

Sebelumnya diberitakan SuaraJogja.id, Kepala Biro Humas dan Protokol UMY Hijriyah Oktaviana mengatakan, pihaknya mengalihkan program pembagian sahur menjadi pembagian takjil mulai 17 April 2021. Pasalnya, animo mahasiswa untuk mengikuti program sahur tidak sebanyak program pembagian takjil dari pihak kampus.

"Jadi pembagian sahur terakhir adalah tanggal 17 April 2021 dan mulai tanggal 17 April itu pula jumlah takjil yang dibagikan bertambah menjadi 2.500 paket untuk mahasiswa UMY karena untuk mendapatkannya harus menunjukkan kartu mahasiswa yang masih aktif," tutur perempuan yang akrab disapa Ria ini, Kamis (15/4/2021), saat dihubungi SuaraJogja.id melalui nomor pribadinya.

Penjelasan tersebut ia ungkapkan saat menyampaikan permintaan maaf karena mahasiswa yang mengantre takjil luber sampai ring road dan menyebabkan kemacetan hingga videonya viral di media sosial.

Menurut keterangannya, pembagian takjil kepada mahasiswa UMY tersebut sudah dilakukan dua kali ini. Yang pertama dilaksanakan pada 2020 saat pandemi Covid-19 mulai melanda DIY, dan keadaan masih mencekam.

"Itu bagian dari program UMY Mengabdi, salah satunya adalah program bagi takjil dan sahur," kata dia.

Ria menuturkan, pembagian takjil tersebut dilaksanakan secara drive thru, sehingga terlihat ada antrean panjang hingga ke ring road. Pihaknya meminta maaf kepada masyarakat yang terganggu dengan kegiatan pembagian takjil tersebut.

Atas dasar itu, pihaknya diundang oleh Inccident Comand System kampus UMY untuk melakukan evaluasi bersama. Nantinya, pihak kampus akan mengubah alur pembagian takjil agar tidak menumpuk hingga ke ring road dan kemacetan bisa dihindari.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait