alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Lebaran, Sleman Pastikan Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Aman

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Senin, 10 Mei 2021 | 16:02 WIB

Jelang Lebaran, Sleman Pastikan Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Aman
Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Sambilegi, Kecamatan Depok, Sleman, Senin (10/5/2021) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Daging ayam, yang sempat menembus harga Rp40 ribu per kilo, sudah kembali turun.

SuaraJogja.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman menyebutkan, tidak ada lonjakan harga bahan-bahan pangan jelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah. Selain itu, ketersediaan bahan-bahan pokok tersebut juga masih tergolong aman.

Kepala Disperindag Sleman Mae Rusmi menyatakan bahwa menjelang akhir Ramadan kali ini pihaknya telah melakukan pemantauan di beberapa lokasi, baik itu distributor, toko grosir hingga pasar tradisional.

"Alhamdulillah untuk ketersediaan barang cukup. Walaupun ada peningkatan permintaan dari masyarakat, tetapi tidak sebanyak ketika sebelum pandemi," kata Mae kepada awak media, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut, Mae menyebutkan, berdasarkan pemantauan itu, stok bahan pokok masih aman, terkhusus untuk sembako, baik beras, gula, minyak, telur, daging ayam dan sapi, serta sayur mayur, semua masih memadai.

Baca Juga: 3 Penyakit Ini Siap Mengintai Akibat Konsumsi Ayam Belum Matang

Sedangkan untuk harga, meskipun memang ada kenaikan, tetapi harganya masih relatif stabil dan terjangkau.

"Untuk harga sementara memang ada kenaikan khususnya untuk daging sapi itu kenaikan sekitar Rp5 ribu. Jadi tidak setinggi tahun-tahun kemarin. Harga daging sapi kemarin sekitar Rp120 ribu perkilogram, biasanya sampai Rp140 ribu. Mudah-mudahan nanti tidak naik secara maksimal," jelasnya.

Jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19, kata Mae, harga daging sapi menjelang Lebaran mencapai Rp140-150 ribu. Sebab memang permintaan dari masyarakat juga akan meningkat.

"Kalau dulu sebelum pandemi daging sapi naiknya sampai Rp140-150 ribu per kilogram karena memang permintaan sangat luar biasa dan juga buka bersama dan sebagainya, restoran pada buka semua," tuturnya.

Sementara itu, daging ayam, yang sempat menembus harga Rp40 ribu per kilo, sudah kembali turun, begitu juga dengan cabai, yang mengalami penurunan.

Baca Juga: Sambil Gendong Anak, Istri Kim Kurniawan Tampil Hot Pakai Baju Renang

"Kemudian juga untuk bawang merah ada kenaikan tapi sedikit. Lainnya relatif stabil masih terjangkau," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait