alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baru Setengah Hari, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai Seribu Lebih

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 15 Mei 2021 | 13:41 WIB

Baru Setengah Hari, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai Seribu Lebih
Pengunjung melihat salah satu satwa di kebun binatang Gembira Loka dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker, Jumat (27/11/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Dalam setengah hari saja di akhir pekan ini, sudah ada ribuan wisatawan yang datang ke Kebun Binatang Gembira Loka.

SuaraJogja.id - Kunjungan wisatawan di Kebun Binatang Gembira Loka, Kota Yogyakarta meningkat selama momen libur Lebaran 2021. Jumlah itu terus meningkat pascahari raya Idulfitri atau tepatnya saat akhir pekan.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Bagian Humas dan Promosi Kebun Binatang Gembira Loka Fahmi Ramadhan. Menurutnya dalam setengah hari saja di akhir pekan ini sudah ada ribuan wisatawan yang datang.

"Iya ada [peningkatan pengunjung di akhir pekan] ini tengah hari sudah 1.000-an pengunjung," kata Fahmi saat dihubungi awak media, Sabtu (15/5/2021).

Fahmi menuturkan jumlah wisatawan saat akhir pekan ini berangsur meningkat sejak Lebaran atau dua hari yang lalu. Saat itu ketika hari H Lebaran tepatnya Kamis (13/5/2021) tercatat hanya ada 400-an pengunjung yang datang.

Baca Juga: Kakorlantas Siapkan 109 Check Point, Periksa Surat Bebas Covid-19 Pemudik

Namun jumlah tersebut meningkat pada H+1 Lebaran atau pada Jumat (14/5/2021) kemarin. Setidaknya dalam hari tersebut jumlah pengunjung di Gembira Loka Zoo menembus angka 1.300an orang.

"Hari H Lebaran itu ada 400an pengunjung dan H+1 ada 1.300-an. Terbagi di 2 pintu timur dan barat," ujarnya.

Menurut Fahmi dalam berdasarkan pantauan petugas di lapangan pengunjung masih didominasi dari wilayah lokal DIY saja. Hal itu terlihat dari sejumlah plat mobil yang datang.

"Iya mas [mayoritas pengunjung adalah wisatawan lokal DIY], dilihat dari plat mobil," tuturnya.

Fahmi menegaskan juga bahwa selama pandemi Covid-19 ini, kunjungan yang diperbolehkan hanya sebatas rombongan kecil atau keluarga saja. Gembira Loka Zoo masih belum melayani kunjungan rombongan dalam jumlah terlalu banyak.

Baca Juga: Umar Patek, Terpidana Teroris Kasus Bom Bali Dapat Kado Remisi Lebaran 2021

"Tidak melayani rombongan bus selama pandemi. Hanya perorangan dan keluarga saja," tegasnya.

Kondisi meningkatnya kunjungan di Gembira Loka Zoo dalam momen libur Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasal pada momen Lebaran tahun lalu Gembira Loka Zoo harus menutup kunjungan hingga beberapa waktu.

Walaupun memang belum mencapai jumlah kunjungan normal seperti saat sebelum pandemi, kata Fahmi, kunjungan dalam momen libur Lebaran kali ini diprediksi masih akan meningkat. Setidaknya akan melampaui kunjungan pada hari biasa selama pandemi yang berkisar antara 500-700-an orang perhari.

"Kalau non pandemi, periode lebaran 1 hari bisa mencapai 23.000-an orang. Saat ini prediksi mencapau 2.000-an pengunjung," terangnya.

Tidak lupa sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di Gembira Loka Zoo sendiri juga telah disiapkan. Mulai dari tempat cuci tangan atau wastafel yang terpasang dari pintu masuk dan tersebar di berbagai sudut area kebun binatang.

Begitu juga dengan jalur pengunjung yang saat sudah dibuat satu arah baik keluar atau masuk. Hal ini guna meminimalisir kontak atau berpapasan pengunjung satu dengan yang lainnya.

Selain itu pengecekan suhu tubuh juga dilakukan beberapa kali kepada pengunjung yang datang. Mulai dari saat memasuki area parkir, hingga nanti saat akan masuk ke dalam area kebun binatang.

Serta memakai masker selalu menjadi kewajiban yang harus ditaati oleh semua pengunjung yang datang ke Gembira Loka Zoo.

Perlu diketahui bahwa Gembira Loka Zoo tetap buka selama libur Idulfitri. Selama momen libur Lebaran atau tepatnya tanggal 13-23 Mei 2021 mendatang Gembira Loka Zoo dapat dikunjungi pada pukul 08.30 sampai pukul 16.00 setiap hari.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait