facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dukung Perjuangan Palestina, Ribuan Orang Unjuk Rasa di Titik Nol Kilometer

Galih Priatmojo Jum'at, 21 Mei 2021 | 15:19 WIB

Dukung Perjuangan Palestina, Ribuan Orang Unjuk Rasa di Titik Nol Kilometer
ribuan massa berunjuk rasa mendukung Palestina di Titik Nol Km Yogyakarta, Jumat (21/05/2021). [Kontributor / Putu Ayu Palupi]

ribuan massa menyemut di Titik Nol Kilometer mendukung perjuangan rakyat Palestina.

SuaraJogja.id - Ribuan orang melakukan aksi demonstrasi di Titik Nol Km Yogyakarta, Jumat (21/05/2021) siang. Aksi ini digelar untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina dari gempuran Israel beberapa waktu terakhir.

Akibat serangan Israel, lebih dari 200 warga Palestina meninggal dunia. Sedangka sekitar 60 ribu orang terpaksa mengungsi saat serangan udara pasukan Israel di Gaza.

Ketua Presidium Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) DIY, Syukri Fadholi dalam orasinya didepan ribuan massa mengungkapkan Indonesia harus turun tangan membantu Palestina dari serbuan Israel. Sebab serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa dan rakyat di Gaza jelas melanghar Hak Azasi Manusia (HAM) yang berat

"Serangan ke gaza adalah pelanggaran terhadap resolusi pbb (perserikatan bangsa-bangsa-red) dan hukum internasional," tandasnya.

Baca Juga: Tempat Nongkrong di Jogja: Kopi Klotok hingga Kopi Merapi

Karenanya mereka meminta pemerintah RI untuk aktif melakukan tindakan nyata melalui Organisasi Konferensi Islam, PBB maupun forum lainnya untuk menghentikan kebrutalan Israel. Sebab sesuai UUD 1045, kemerdekaan ialah hak segaal bangsa maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan.

Dewan Keamanan PBB pun seharusnya menjatuhkan sanksi pada Israel. Mahkamah Internasionasl diminta melakukan pengadilan atas kejahatan perang yang dilakukan Israel.

"Kami mendesak seluruh negara anggota organisasi konferensi islam untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan israel sebagai wujud solidaritas kepada palestina," tandasnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga: 10 Persen Siswa Tak Lolos Skrining, Uji Coba PTM Jogja Ditunda Akhir Bulan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait