facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dari Sleman Lagi, 6 Warga Pedukuhan Dalem Terpapar Corona

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 27 Mei 2021 | 17:08 WIB

Dari Sleman Lagi, 6 Warga Pedukuhan Dalem Terpapar Corona
Ilustrasi Covid-19. (Suara.com/Eko Faizin)

Lurah Widodomartani Heruyono menyatakan, awalnya hanya ada 1 temuan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

SuaraJogja.id - Sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Sleman masib terus terjadi. Kali ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 muncul tepatnya di Pedukuhan Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Lurah Widodomartani Heruyono menyatakan, awalnya hanya ada 1 temuan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun ternyata, setelah dilakukan tracing kepada yang melakukan kontak erat, terdapat tambahan sebanyak 5 orang positif Covid-19.

Lebih lanjut Heru mengaku tidak bisa memastikan dari mana penularan atau sebaran awal kasus positif Covid-19 tersebut dimulai. Pihaknya hanya bisa memastikan kasus tersebut pertama muncul seusai Lebaran kemarin.

"Jadi awalnya itu, saya tidak bisa menyebut ini klaster orang meninggal atau klaster syawalan, yang jelas ada warga yang positif terus ditracing ada 1 positif dan 5 susulan berarti 6 positif," ujar Heru saat dihubungi awak media, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga: Negatif Covid-19, Paula Verhoeven Langsung Peluk dan Cium Kiano

Disampaikan Heru, dari 6 kasus awal yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 1 orang dinyatakan sudah menyelesaikan isolasi.

Sedangkan 5 kasus positif lainnya masih menjalani isolasi mandiri. Namun, kata Heru, masa isolasi kelima orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 awal itu tinggal menyisakan tiga hingga lima hari.

"[Satu] yang positif alhamdulillah kemarin kan sudah 14 hari sudah cukup [isolasi] yang 5 ini kurang berapa hari empat atau lima hari untuk isolasi mandiri," tuturnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap melangsungkan tracing guna mengantisipasi penyebaran kasus positif Covid-19 semakin meluas. Sejak Sabtu (22/5/2021) kemarin testing atau pemeriksaan telah dilakukan untuk warga di RT 01 dan 02.

Selanjutnya pemeriksaan tersebut dilanjutkan oleh warga dari RT 03 dan 04. Pihaknya hingga saat ini masih menunggu hasil dari sejumlah pemeriksaan kepada warga di empat RT.

Baca Juga: Nglempong Dilockdown Mikro Akibat Banyak Warga Positif Covid-19, Kalurahan Siapkan Bantuan

"Sabtu (22/5/2021) kemarin kita tracing dari RT 01 dan 02 sebanyak 76 orang. Terus hari ini RT 03 dan 04 kita tracing 108 orang. Ada 8 yang reaktif dan langsung swab PCR hasilnya belum keluar," ungkapnya.

Sedari menunggu hasil pemeriksaan kepada puluhan warga tersebut, Heru menuturkan saat ini semua warga itu masih menjalani isolasi mandiri. Pihaknya juga telah memberikan sejumlah bantuan bagi warga yang menjalani isolasi tersebut.

"Bagi warga isolasi yang positif mendapat jadup juga dari kelurahan tapi ala kadarnya yang penting bantuan," terangnya.

Ditanya terkait dengan lockdown wilayah atau kampung, Heru menegaskan masih belum memberlakukan hal tersebut. Ia memilih untuk menunggu hasil swab PCR dari para warga yang telah melakukan pemeriksaan tadi.

"Tidak [lockdown], soalnya belum tahu hasil benernya seperti apa. Apakah nanti positif berapa. Baru mau PCR kok. Kami tidak bisa melockdown dengan hanya dasar reaktif saja," pungkasnya.

Diketahui bahwa selain di Pedukuhan Dalem, sebaran kasus Covid-19 juga terjadi di padukuahan lain di wilayah Kapanewon Ngemplak. Kasus positif tersebut ditemukan di Dusun Nglempong, Pedukuhan Ngemplak II, Umbulmartani, Ngemplak Sleman.

Diketahui bahwa ratusan warga di Dusun Ngemplong Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak menjalani pemeriksaan Covid-19 secara massal pada Kamis (27/5/2021). Pemeriksaan ini sebagai tindaklanjut dari temuan 12 warga yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menggelar kegiatan silaturahmi saat Lebaran lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait