alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

72 Warga Pedukuhan Bronggang Suruh Terpapar Covid-19, Akses Keluar-Masuk Dibatasi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 05 Agustus 2021 | 20:50 WIB

72 Warga Pedukuhan Bronggang Suruh Terpapar Covid-19, Akses Keluar-Masuk Dibatasi
Ilustrasi Covid-19. (Elements Envato)

"Dilakukan swab massal, ternyata ada 72 yang kemudian positif hasil tes," kata Suyanto.

SuaraJogja.id - Sebaran kasus Covid-19 kembali terjadi di wilayah Kabupaten Sleman. Total sebanyak 72 orang di Pedukuhan Bronggang Suruh, Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Plt Camat Cangkringan Suyanto, saat dihubungi awak media, Kamis (5/8/2021). Disebutkan Suyanto, puluhan warga yang terpapar Covid-19 itu diketahui setelah pemeriksaan massal warga satu padukuhan tersebut.

"Dilakukan swab massal, ternyata ada 72 yang kemudian positif hasil tes," kata Suyanto.

Suyanto menjelaskan pemeriksaan atau swab massal itu dilakukan setelah kemunculan kasus Covid-19 secara terus menerus di Padukuhan Bronggang Suruh.

Baca Juga: Dapat Aduan dari Masyarakat Soal Pemulasaraan Jenazah, PWNU DIY Siap Terjunkan 39 Relawan

"Kalau cerita awalnya kan jadi di Pedukuhan Bronggang Suruh, (Argomulyo, Cangkringan), itu kan dalam beberapa saat ini selalu ada yang positif. Kemudian Dinkes dan puskesmas kan melihat kok tidak tuntas-tuntas kemudian dilakukan swab massal," ucapnya.

Lebih lanjut, Suyanto menyebut sebelum temuan puluhan kasus baru ini. Sudah ada sejumlah warga yang lebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19.

Akhirnya guna memastikan penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut swabnya massal pun dilakukan pada dua hari yang lalu. Sementara hasilnya baru keluar kemarin sore dengan puluhan orang dinyatakan positif.

"Iya ada sekian bulan yang lalu pokoknya ada terus gitu loh. Jadi tiap saat kok muncul, muncul ada yang sembuh kemudian tidak berhenti kemudian itu sekalian dilakukan swab massal daripada supaya segera terlacak," tuturnya.

Disampaikan Suyanto, 72 warga yang terpapar Covid-19 itu berada di satu Padukuhan Bronggang Suruh saja. Ditanya mengenai total warga di pedukuhan tersebut, pihaknya belum mengetahui secara pasti.

Baca Juga: 15 Orang Penghuni Panti Asuhan di Medan Terpapar Covid-19

"Kalau detailnya (jumlah warga) belum tahu. Detail nanti ke Pak Lurah. Tapi positif saat ini ada 72 orang," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait