alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Doa Malaikat Tuhan atau Angelus, Alasan Lonceng Gereja Katolik Bunyi 3 Kali Sehari

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Jum'at, 27 Agustus 2021 | 18:39 WIB

Cara Doa Malaikat Tuhan atau Angelus, Alasan Lonceng Gereja Katolik Bunyi 3 Kali Sehari
[ILUSTRASI] Seorang umat berdoa di tengah aktivitasnya saat membersihkan gereja untuk perayaan Natal 2019 di Gereja Katolik Santa Lidwina, Sleman, Minggu (22/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Berikut isi Doa Malaikat Tuhan dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Latin.

SuaraJogja.id - Setiap hari, umat Katolik memiliki kebiasaan devosi terhadap peristiwa inkarnasi, di mana Tuhan berkenan hadir di tengah umat-Nya sebagai manusia. Bentuk penghormatan ini dilakukan melalui Doa Malaikat Tuhan, atau juga dikenal dengan Doa Angelus Domini nuntiavit Mariae dalam bahasa Latin.

Doa Malaikat Tuhan dilakukan tiga kali dalam satu hari dan menjadi alasan lonceng gereja Katolik dibunyikan pada pagi, siang, dan malam.

Dalam satu hari, terdapat tiga waktu untuk Doa Malaikat Tuhan: pukul 06.00, 12.00, dan 18.00. Dengan tiga perbedaan waktu tersebut, meski isi doa tetap sama, tujuan Doa Malaikat Tuhan pun menyesuaikan waktunya.

Pada pagi pukul 06.00, Doa Angelus dimaksudkan untuk mengenang kebangkitan Kristus, sehingga semangat kebangkitan pun turut menyertai dalam memulai hari.

Baca Juga: Umat Katolik Berbagi Takjil

Kemudian pada pukul 12.00, di siang hari ketika sibuk beraktivitas seperti bekerja, belajar, dan sebagainya, Doa Angelus bertujuan untuk menghormati sengsara Kristus. Meski pekerjaan berat, perlu diingat bahwa Kristus telah memberi teladan dengan rela berkorban bagi umat manusia.

Terakhir pada pukul 18.00, dengan mendoakan Doa Angelus, maka umat diingatkan akan peristiwa inkarnasi Allah menjadi manusia, sehingga saat hendak beristirahat, perlu diingat bahwa Allah selalu tinggal bersama anak-anak-Nya.

Namun selama masa Paskah, Doa Angelus diganti dengan Doa Ratu Surga.

Di dalam Doa Malaikat Tuhan sendiri, terdapat tiga kali Salam Maria, diselingi teks yang merujuk pada peristiwa inkarnasi. Berikut selengkapnya teks Doa Malaikat Tuhan dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Latin:

1. Doa Angelus bahasa Indonesia

Baca Juga: Misa Malam Natal Secara Online

Maria diberi kabar oleh Malaikat Tuhan,
bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait