alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pencari Ikan Temukan Granat Aktif, Pelatuk Sudah Terbuka

Galih Priatmojo Minggu, 29 Agustus 2021 | 10:29 WIB

Pencari Ikan Temukan Granat Aktif, Pelatuk Sudah Terbuka
proses evakuasi granat di sungai Oya, Sabtu (28/8/2021). [Kontributor / Julianto]

pencari ikan temukan granat

SuaraJogja.id - Sebuah granat aktif diduga sisa perang militer tak sengaja ditemukan di aliran Sungai Oya oleh 3 pencari ikan, Sabtu (28/8/2021) sore. Evakuasi granat berjenis nanas tersebut berlangsung hingga Sabtu malam. Pasalnya aparat setempat harus menunggu Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Polda DIY.

Pjs Kapolsek Karangmojo, AKP Surahyo menuturkan penemuan granat aktif tersebut bermula ketika Sabtu (28/8/2021) sekitar pukul 15.45 WIB, Sugeng Riyanto (34) warga Dusun Gunungabang Rt 01 Rw 17, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo mencari ikan bersama dua temannya, Sunardi (44) dan Andreas (29). Keduanya warga padukuhan Gelaran I Kalurahan Bejiharjo.

"Mereka turun di Sungai Oya yang berada Wilayah  Bonjing Rt 06 Rw15, Dsn Gelaran I Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo dengan cara membentangkan jaring ke dasar aliran kali Oya kedalaman 3 meter,"papar dia, Sabtu malam.

Seperti biasa, Sugeng Riyanto lantas menyelam dan menata batu guna menahan jaring. Saat mencari batu pemberat tersebut ia menyentuh benfa keras mirip batu. Namun setelah diraba dirasakan batu yang dipegang terasa lain.

Baca Juga: Terpuruk Akibat PPKM, Pelaku Wisata Gunungkidul Terpaksa Jual Ternak untuk Bayar Angsuran

Setelah itu, benda yang diduga batu tersebut diamati dipermukaan. Ternyata benda tersebut bukan batu karena setelah diamati mirip bahan peledak sejenis granat. Benda yang diduga granat tersebut ditaruh atau diamankan dalam cekungan batu dan kemudian menghubungi kepala dukuh Gelaran I Bejiharjo 

"Setelah itu Kepala Dusun Gelaran I  melaporkan penemuan hal tersebut ke Polsek Karangmojo dan Babinsa dan Bhabinkamtibmas,"tambahnya.

Mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk Melakukan Olah TKP. Mereka memasang garis polisi dan menunggu dari Jibom Gegana Polda DIY yang akan melakukan evakuasi bahan peledak jenis granat tersebut 

Pada Pukul 20.50 WIB Tim Jibom Gegana Brimob Polda DIY sampai di lokasi kejadian. Tim Jibom Polda DIY lantas mengevakuasi granat tersebut dengan prosedur ketat. Masyarakat diminta menjauh dari lokasi kejadian.

"Pukul 21.50 WIB proses evakuasi granat itu,"tambahnya.

Baca Juga: Tabrak Ayam, Pasangan Suami Istri Asal Gunungkidul Meninggal Dunia

Berdasarkan keterangan Tim Jibom, lanjutnya, jika benda ini memang Granat dan masih aktif. Granat tersebut adalah granat jenis nanas dan kondisi pelatuk sudah terlepas dugaan Granat ini sisa dari Perang militer dulu. 

"Walaupun sudah lama tapi masih dalam kondisi aktif dan masih rawan dan berbahaya,"ujar dia

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait