alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

September Uji Coba PTM, Pemkot Jogja Pastikan 4 Hari Lagi Siswa Selesai Divaksin

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:47 WIB

September Uji Coba PTM, Pemkot Jogja Pastikan 4 Hari Lagi Siswa Selesai Divaksin
[ILUSTRASI] bakt Seorang pelajar mendapat suntikan vaksin Sinovac saat vaksinasi massal di SMAN 1 Teladan Yogyakarta, Minggu (21/8/2021). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Heroe mengatakan bahwa Jogja sebenarnya sudah siap jika PTM diterapkan di sejumlah sekolah.

SuaraJogja.id - Rencana Pemda DIY mengujicobakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah pada September 2021 ditanggapi oleh Pemkot Yogyakarta. Pihaknya akan mempercepat dan memastikan 4 September 2021 seluruh siswa di Jogja tervaksin.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, hingga saat ini pelajar jenjang SMP, SMA, SMK, Mts dan MA sudah tervaksin sekitar 17.605 orang.

"Nah sisanya tinggal 20.828 orang yang belum divaksin. Kami percepat lagi sehingga sudah siap mengikuti PTM di sekolah," ujar Heroe ditemui wartawan di PPTQ Harun Asy Syafi'i, Yogyakarta, Selasa (31/8/2021).

Heroe, yang juga sebagai Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, mengatakan bahwa Jogja sebenarnya sudah siap jika PTM diterapkan di sejumlah sekolah.

Baca Juga: Sekolah di Paluta Mulai Pembelajaran Tatap Muka Besok

"Simulasi dan uji coba sebelumnya sudah kami lakukan dan berhasil. Tinggal kita menunggu kondisinya memungkinkan dibuka atau tidak. Kalau peralatan dan fasilitas penunjang prokes di sekolah sudah siap semuanya," terang dia.

Ia menyatakan tenaga pendidik yang ada di sekolah-sekolah sudah divaksin seluruhnya. Memang hanya menunggu target penyelesaian vaksin kelompok pelajar.

"Kami membuka PTM itu melihat kondisinya, apakah anak-anak sudah tervaksin semua atau belum, jika guru sudah selesai vaksin, fasilitas penunjang juga sudah siap, bahkan sejak Januari lalu," terang dia.

Heroe belum mau menjelaskan lebih jauh mekanisme pembukaan PTM ke depan. Pihaknya hanya menunggu kebijakan dari Pemda DIY.

Diwawancarai terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah menargetkan penyelesaian vaksinasi pelajar pada 4 September 2021 mendatang.

Baca Juga: Aturan Pembelajaran Tatap Muka di Sulawesi Selatan, Berlaku Mulai 30 Agustus 2021

"4 September selesai, SMP, SMA, SMK, madrasah, sudah semuanya diselesaikan," ujar Lana ditemui di PPTQ Harun Asy Syafi'i, Yogyakarta.

Pemkot fokus mempercepat vaksinasi untuk 20.828 siswa ini di sentra vaksin yang telah disediakan. Seperti di XT Square, PDAM Tirtamarta Yogyakarta, dan sekolah-sekolah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait