alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan untuk Atasi Insomnia, Konsumsi Ini Dulu Sebelum Tidur!

Eleonora PEW Selasa, 05 Oktober 2021 | 13:26 WIB

5 Makanan untuk Atasi Insomnia, Konsumsi Ini Dulu Sebelum Tidur!
Tidur nyenyak/Shutterstock

5 makanan ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur hingga terhindar dari insomnia.

SuaraJogja.id - Beberapa makanan memiliki kandungan yang bisa membantu tidur lebih nyenyak, sehingga dengan kata lain bisa disebut sebagai makanan untuk atasi insomnia.

Gangguan tidur sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya termasuk makanan yang dikonsumsi sebelum tidur.

Ada beberapa makanan tertentu yang dianggap bis amembuat tidur malam tak nyenyak atau bahkan tak bisa tidur hingga insomnia.

The Good Sleep Guide, seperti dilansir Independent, mengungkapkan makanan tertentu dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sedangkan, makanan tertentu juga bisa mengganggu tidur.

Baca Juga: Olahraga Intensitas Tinggi Tidak Memicu Gangguan Tidur jika Dilakukan 4 Jam Sebelumnya

Penelitian oleh Simba Sleep mengungkapkan bahwa sekitar 69 persen orang Inggris merasa kurang tidur setelah mengonsumsi makanan pedas, minum berkafein, dan alkohol. Semnetara lainnya juga mengalami insomnia.

Jika Anda ingin tidur malam lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia, konsumsi 5 makanan ini, yang dianggap bisa membantu meningkatkan kualitas tidur:

1. Kalkun

Ilustrasi tidur dengan lampu mati. (Stocksy)
Ilustrasi tidur. (Stocksy)

Daging kalkun merupakan sumber protein yang baik dan mengenyangkan sehingga makanan ini bisa membuat tidur malam Anda lebih nyenyak.

2. Almond

Baca Juga: Cemilan Apa yang Cocok untuk Diet? Ini 7 Rekomendasi Terbaik dari Dokter

Almond juga kaya kandungan triptofan dan magnesium yang membantu mengurangi fungsi otot dan saraf secara alami sekaligus menjaga irama jantung.

3. Oat

Oat adalah makanan yang mendorong produksi insulin dan secara alami meningkatkan gula darah. Selain itu, oat kaya vitamin, mineral, dan asam amino yang mempromosikan melatonin untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Ilustrasi Bangun Tidur. (freepik)
Ilustrasi Bangun Tidur. (freepik)

4. Madu

Satu sendok teh madu sudah cukup untuk merangsang pelepasan melatonin di otak dan mematikan orexin yang membuat seseorang terjaga di malam hari.

5. Pisang

Umumnya, pisang memang dianggap sebagai makanan penambah energi. Namun, pisang mengandung magnesium yang melemaskan otot dan serotonin serta melatonin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait