alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Komisi B DPRD Jogja Minta Revitalisasi Jalan Perwakilan Tak Ganggu Kesejahteraan Warga

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:49 WIB

Komisi B DPRD Jogja Minta Revitalisasi Jalan Perwakilan Tak Ganggu Kesejahteraan Warga
ilustrasi pedestrian (Suara.com/Ilham Baktora)

Revitalisasi pedestrian di Jalan Perwakilan diminta bisa tepat waktu

SuaraJogja.id - Revitalisasi pedestrian Jalan Perwakilan, Kemantren Danurejan, Kota Jogja jangan sampai mengganggu kesejahteraan warga sekitarnya. Pembangunan akses jalan harus ikut mendongkrak pendapatan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Rifki Listianto meminta agar pembangunan proyek fisik di selatan Kantor DPRD DIY itu bisa tepat waktu dan tidak mengulur waktu.

"Ini kan pekerjaan yang pembiayaannya dari Dana Keistimewaan dan merupakan pekerjaan yang tertunda. Harapan kami, target waktu revitalisasi sumbu filosofi ini ya jangan terlalu molor," kata Rifki dihubungi wartawan, Selasa (12/11/2021).

Ia melanjutkan Pemkot jangan hanya sebatas mempercantik kawasan Kota Jogja. Proyek tersebut juga harus memberikan manfaat bagi warga di sepanjang Jalan Perwakilan.

Baca Juga: Penjelasan Soal Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Bakal Terjadi di Jogja Rabu Besok

"Tapi revitalisasi harus bisa mendukung pergerakan UMKM, dan menjadi daya tarik wisatawan, agar semakin berdatangan ke Jogja," kata dia.

Meski 2 tahun sebelumya pembangunan infrastruktur di Jogja tersendat karena Pandemi Covid-19. Dewan berharap Pemkot bisa mengatur pembangunan bertahap, termasuk juga memperhatikan warga yang berada di sekitar pembangunan tersebut.

"Kalau dari kami (legislatif), yang penting proyeknya tidak mengganggu program kesejahteraan masyarakat, dan dapat meningkatkan pendapatan warga, ya silakan saja," ujat Politisi PAN ini.

Sebelumnya, Pemkot Yogyakarta menyasar ruas jalan di Malioboro untuk revitalisasi pedestrian. Salah satunya di Jalan Perwakilan yang rencananya mengikuti konsep dan penggunaan material seperti pedestrian Malioboro.

Anggaran dana Rp10 miliar diharapkan mampu membangun kondisi jalan yang rapi dan indah.

Baca Juga: Revitalisasi Jalan Perwakilan di Sekitar Malioboro, Pemkot Jogja Anggarkan Rp10 M

Rencananya pekan ketiga bulan Oktober akan dimulai pembangunan. Pembangunan sendiri ditarget selesai pada Desember 2021.

Revitalisasi pedestrian tersebut juga menimbulkan dampak. Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Perwakilan yang terdampak berharap pembangunan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait