alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Regulator Bocor Saat Kompor Dinyalakan, Rumah di Mergangsan Terbakar

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Senin, 18 Oktober 2021 | 19:21 WIB

Regulator Bocor Saat Kompor Dinyalakan, Rumah di Mergangsan Terbakar
Sejumlah perabotan warga terbakar saat insiden terjadi di rumah warga Jalan Kolonel Sugiyono, Keprapak Kidul, Mergangsan, Kota Jogja, Senin (18/10/2021). - (SuaraJogja.id/HO-Polsek Mergangsan)

Kapolsek Mergangsan Kompol Rachmadiwanto menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada Senin (18/10/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

SuaraJogja.id - Nasib warga bernama Agus Suyatman (67) harus pasrah dengan insiden yang menimpa rumahnya. Ruangan dapur seluas 50 meter persegi di Jalan Kolonel Sugiyono, Kalurahan Keparakan Kidul, Kemantren Mergangsan, Kota Jogja, dilalap si jago merah.

Kapolsek Mergangsan Kompol Rachmadiwanto menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada Senin (18/10/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Betul kebakaran terjadi hari ini, sore tadi. Satu bangunan yang berada di dapur yang terbakar," kata Rachmadiwanto dihubungi SuaraJogja.id, Senin.

Mantan Kapolsek Depok Barat itu menjelaskan kronologi kebakaran bermula saat pemilik rumah meminta menantunya, Hana Surya Perdana untuk mengganti tabung gas. Saat mengganti tabung diketahui sudah ada kebocoran di regulator kompornya.

Baca Juga: Gegara Kabel WiFi, Rumah Petak di Bontang Ini Nyaris Terbakar

"Dugaannya karena ada kebocoran (regulator) gas. Anak korban ini mengganti tabung tapi mungkin belum mengecek ada kebocoran," jelas dia.

Saat tabung terpasang, sang anak menyalakan kompor. Pada waktu tersebut api lalu menyambar gas yang diduga masih ada di sekitar dapur.

"Karena regulator bocor, api yang muncul dari kompor langsung menyambar menantu itu di sekitar dapur dan terjadi kebakaran," jelas dia.

Titik api yang menghanguskan dapur juga merembet hingga ke ruang lain. Barang seperti freezer, kulkas dan satu unit AC hangus terbakar.

"Beruntung insiden itu tak ada korban. Namun kerugian materi mencapai Rp50 juta," tambah dia.

Baca Juga: Korban Permukiman Warga Baduy Terbakar Dirikan Tenda Dari Terpal Untuk Tempat Tinggal

Terpisah, Kasi Operasional dan Penyelamatan Damkar Kota Yogyakarta, Mahargyo mengatakan satu armada damkar diterjunkan ke lokasi. Pemadaman cukup mudah dibantu dengan hujan yang terjadi sore ini.

"Satu mobil kami terjunkan untuk memadamkan api. Pemadaman juga cukup cepat dibantu hujan sore ini," katanya.

Pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada dan mengecek kondisi regulator ketika mengganti atau akan memasak dengan gas. Hal itu juga penting agar bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait