alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wajib Tahu, Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contohnya di Kehidupan Nyata

Risna Halidi Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Wajib Tahu, Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contohnya di Kehidupan Nyata
Ilustrasi kupu-kupu. (freedigitalphotos)

Dalam kehidupan setiap makhluk tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan peran makhluk lain. Ini yang disebut simbiosis mutualisme.

SuaraJogja.id - Simbiosis mutualisme. Dalam kehidupan setiap makhluk bernyawa tidak bisa hidup sendiri, tentunya membutuhkan peran makhluk lain untuk berinteraksi dan memenuhi kebutuhannya.

Kebutuhan itu tidak hanya sebatas antarhewan, antartumbuhan atau antarmanusia saja, namun juga antara hewan dengan tumbuhan, antara manusia dengan hewan dan antara tumbuhan dengan manusia. Interaksi antar makhluk hidup itu dinamakan dengan simbiosis.

Jika dijabarkan, simbiosis merupakan interaksi biologis antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Interaksi itu bisa saja saling menguntungkan atau bermanfaat, berakibat berbahaya atau justru tidak berpengaruh antara keduanya.

Secara garis besar simbiosis dibagi menjadi tiga, yakni simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme. Dalam literatur lain disebutkan masih ada dua simbiosis lainnya, yakni simbiosis amensalisme dan simbiosis netralisme.

Baca Juga: Bukti Fosil Kontroversi Usia 6 Juta Tahun yang Tanyakan Teori Asal Manusia

Ilustrasi: Kerbau. (Shutterstock)
Ilustrasi: Kerbau. (Shutterstock)

Namun, pada tulisan kali ini akan dijelaskan lebih detail tentang simbolis mutualisme.

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun keduanya saling mendapatkan keuntungan. Hubungan ini dapat berlangsung antara organisme dari jenis yang sama maupun berbeda.

Sehingga dua organisme itu tidak ada yang dirugikan. Justru jika tidak berhubungan, maka keduanya akan merugi. Dalam simbiosis ini, kehadiran makhluk hidup sangat penting.

Penggolongan dalam jenis simbiosis mutualisme termasuk pada obligat dan fluktuatif. Namun yang pasti hubungan antara keduanya tidak ada yang dirugikan.

Berikut contoh dari simbiosis mutualisme:

Baca Juga: Gemas! Wanita Ajak Peliharaan Tak Biasa Foto Wisuda, Penampilannya Disorot

1. Bunga dengan Lebah dan Kupu-Kupu

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait