alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nasionalisme adalah Paham Mencintai Bangsa Serta Cirinya

Dinar Surya Oktarini Sabtu, 30 Oktober 2021 | 16:10 WIB

Nasionalisme adalah Paham Mencintai Bangsa Serta Cirinya
Ilustrasi upacara bendera di sekolah. [Net]

Nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara.

SuaraJogja.id - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengatakan pengertian nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai negara atau bangsa. Hal ini berarti setiap warga negara Indonesia dan memiliki kesamaan cita-cita dan tujuan. 

Sehingga setiap warga negara bisa merasa setia, terlebih pada negara dan bangsanya sendiri. Dalam kata lain, setiap warga negara wajib menanamkan rasa serta jiwa nasionalisme pada bangsanya.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, nasionalisme layaknya kata 'sakti' yang dapat membangkitkan semangat perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Ilustrasi bendera merah putih (Pixabay.com/Mufid Majnun).
Ilustrasi bendera merah putih (Pixabay.com/Mufid Majnun).

Pengertian Nasionalisme menurut Para Ahli

Baca Juga: Pengertian serta Contoh Teks Persuasi Lengkap degan Strukturnya

Mengutip dari jurnal Universitas Gajah Mada, dijelaskan bahwa nasionalisme adalah kesadaran dan kebanggaan bernegara yang menimbulkan sikap dan perasaan yang lebih mementingkan kehidupan nasional di atas kepentingan pribadi, golongan, daerah ataupun partai yang diwakili. Namun, ada beberapa pengertian nasionalisme menurut tokoh-tokoh penting Indonesia dan para ahli.

1. Soekarno

Nasionalisme Indonesia menurut Soekarno (dalam Irwan, 2001), bukanlah jingo nasionalisme atau chauvinisme, dan bukan pula suatu tiruan atau kopi dari nasionalisme barat. Nasionalisme adalah nasionalisme yang menerima rasa hidupnya sebagai wahyu.

2. Stoddart

Nasionalisme merupakan suatu kesadaran atau keinsyafan rakyat sebagai suatu bangsa. Stoddart menegaskan bahwa nasionalisme merupakan keyakinan yang teguh sejumlah besar orang, yang merupakan suatu nasionalitas (Abdulgani, 1964).

Baca Juga: Contoh Kalimat Ajakan dalam Bahasa Indonesia Lengkap dengan Pengertianya

3. Ben Anderson

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait