facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Sunan Gresik dan Sejarah Penyebaran Islam Jawa

Pebriansyah Ariefana Selasa, 02 November 2021 | 11:43 WIB

Profil Sunan Gresik dan Sejarah Penyebaran Islam Jawa
Ilustrasi Sunan Gresik

Sunan Gresik mulai menyebarkan Islam pada masa akhir Kerajaan Majapahit.

SuaraJogja.id - Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim merupakan wali songo yang pertama kali masuk ke Jawa. Sunan Gresik mulai menyebarkan Islam pada masa akhir Kerajaan Majapahit.

Kedatangannya pada 1371 disambut baik Kerajaan Majapahit, ia diperbolehkan menyebarkan agama Islam di sini. Sunan Gresik memulai dakwah di daerah Sembalo Gresik sekarang bernama Leren. Ia menggunakan cara pendekatan pada masyarakat melalui pergaulan.

Saat pertama datang ke Sembalo ia melihat seorang wanita yang akan dijadikan tumbal meminta hujan. Ia mendekat dan memberitahu bahwa cara mereka salah, Sunan Gresik hampir dihajar massa.

Baru 2 langkah mendekat, kaki mereka melemas tanpa sebab.

Baca Juga: 10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Bisa Dilihat Hingga Kini

Setelah itu Sunan Gresik dan 5 muridnya melakukan sholat istisqa, tak berselang lama hujan pun turun. Warga yang senang berniat menyembah Sunan Gresik. Namun Sunan Gresik melarangnya, ia meminta warga untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Wali Songo. (Youtube Al-Buton)
Wali Songo. (Youtube Al-Buton)

Waktu itu pula Sunan Gresik membimbing mengucapkan 2 kalimat syahadat. Ia membangun masjid pesucinan untuk pertama kali sebagai tempat ibadah bersama. Selain penyebaran Islam melalui cara bergaul, ia juga menggunakan cara pengobatan gratis.

Ia tak pernah membedakan golongan masyarakat yang ada. Kemampuan Sunan Gresik didengar oleh raja Majapahit, ia diminta menyembuhkan sakit istri raja.

Cara Dakwah lain yang dilakukan Sunan Gresik melalui bercocok tanam, bertani, dan berdagang sehingga warga tidak merasa dipaksa masuk Islam.

Setelah mapan Sunan Gresik melakukan kunjungan ke Raja Majapahit untuk bersilaturahmi. Untuk melanjutkan penyebaran agama Islam, Sunan Gresik mendirikan pesantren di daerah Leren Gresik hingga generasi selanjutnya.

Baca Juga: Ironi Sejarah Bali Kuno Dan Pusat Perdagangan Budak di Badung

Sunan Gresik mempunyai 3 orang istri, Siti Fathimah Binti Ali Nurul Alam Maulana Israil (Putri Raja Champa Dinasti Azmatkhan), Siti Maryam Binti Syaikh Subakir, Wan Jamilah Binti Ibrahim Zainuddin Al Akbar Asmaraqandi. Dari banyaknya keturunan yang dimiliki, ada 3 orang yang termasuk dalam jajaran Wali Songo. Sunan Ampel (anak Sunan Gresik), Sunan Bonang dan Sunan Drajat (cucu Sunan Gresik).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait