alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Tugas Malaikat Mikail Selain Memberikan Rezeki

Pebriansyah Ariefana Rabu, 10 November 2021 | 13:28 WIB

4 Tugas Malaikat Mikail Selain Memberikan Rezeki
Ilustrasi berdoa (Pixabay)

Ada 10 malaikat yang memiliki setiap tugas yang berbeda. Pada ulasan berikut akan dikupas tentang malaikat mikail. Keberadaan malaikat mikail tercantum dalam Al Quran.

SuaraJogja.id - Malaikat adalah makhluk yang paling tunduk pada perintah Allah SWT. Diciptakan dari Nur atau cahaya tanpa memiliki hawa nafsu. Percaya akan keberadaan malaikat termasuk dalam rukun islam yang ke 2. Salah satunya adalah malaikat Mikail. Apa tugas Malaikat Mikail?

Ada 10 malaikat yang memiliki setiap tugas yang berbeda. Pada ulasan berikut akan dikupas tentang malaikat mikail. Keberadaan malaikat mikail tercantum dalam Al Quran surat al baqarah 98.

"Barang siapa menjadi musuh Allah Swt, Malaikat-malaikatNya, Rasul-rasulNya, jibril dan mikail. Maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir."

Selain memiliki tugas utama beribadah kepada Allah Swt. Malaikat mikail juga bertugas memberi rezeki kepada makhluk hidup. Berikut penjelasan tentang tugas malaikat mikail.

Baca Juga: 10 Tugas Malaikat: Jibril Hingga Ridwan

1. Pemberi rezeki kepada makhluk hidup

Malaikat mikail ditugaskan Allah SWT untuk menurunkan rezeki pada setiap makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan. Rezeki yang diturunkan tak hanya berupa materi, bisa berupa air hujan, angin, dan masih banyak lagi.

2. Menurunkan hujan

Air penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup. Namun air juga bisa mendatangkan malapetaka bila tak diolah dengan baik. Kitab Al Bidayah Wan Nihayah menjelaskan Malaikat mikail bertugas menurunkan hujan.

"Tidak ada setetes airpun yang turun dari langit melainkan disertai oleh malaikat yang mengantarkannya ketempatnya (bumi)."

Baca Juga: 3 Kandungan Surat Al Humazah yang Perlu Diketahui

3. Menahan matahari dengan sayap mikail

Dalam suatu kisah Rasulullah sedang melakukan jamaah dengan para sahabat. Dijelaskan malaikat jibril menahan punggung Rasulullah agar tetap rukuk dan malaikat mikail menahan matahari dengan sayapnya agar waktu subuh lebih panjang.

Setelah selesai shalat, salah seorang sahabat bertanya perihal rukuk yang lebih lama. Rasulullah SAW tidak tau, malaikat jibrillah yang menjelaskan pertanyaan tersebut.

"Wahai Muhammad, Ali tergesa-gesa untuk ikut berjamaah, tetapi di depannya ada seorang lelaki tua Nasrani yang berjalan sangat pelan. Ali tidak mau mendahuluinya karena sangat memuliakan lelaki tua itu! Karena itu Allah memerintahkan aku untuk menahanmu dalam rukuk, agar Ali dapat ikut jamaah!."

4. Menemani tugas malaikat jibril

Malaikat jibril diperintahkan Allah SWT untuk menyucikan rasulullah. Saat menjalankan tugas, jibril dibantu mikail dengan mengambilkan air zam-zam. Saat perjalanan isra' miraj rasulullah mikail juga menemani jibril.

Ia juga menyampaikan lembar pencabutan nyawa kepada malaikat maut. Lembar tersebut tertulis jelas nama, tempat, dan penyebab kematian.

Begitulah tugas Malaikat Mikail. Dijelaskan pula malaikat mikail tidak pernah tertawa semenjak diciptakannya surga. Hal ini disampaikan Jibril saat menjawab pertanyaan Rasulullah ketika perjalanan Isra' Miraj.

Kontributor : Cahya Hanifah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait