facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

20 Ucapan Hari Guru Nasional 2021, Quote dari Ki Hajar Dewantara Hingga R.A Kartini

Pebriansyah Ariefana Kamis, 18 November 2021 | 12:18 WIB

20 Ucapan Hari Guru Nasional 2021, Quote dari Ki Hajar Dewantara Hingga R.A Kartini
Acara puncak Peringatan Hari Guru Nasional

Beragam ucapan Hari Guru Nasional menarik untuk dibagikan ke guru semasa muda atau teman sesama guru.

SuaraJogja.id - Hari Guru Nasional 2021 akan dirayakan Kamis 25 November 2021. Beragam ucapan Hari Guru Nasional menarik untuk dibagikan ke guru semasa muda atau teman sesama guru.

Ucapan Hari Guru Nasional ini kebanyakan diambil dari quote Ki Hajar Dewantara. Hari Guru Nasional adalah penghormatan dan penghargaan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa.

Berbeda dengan Hari Guru Nasional di beberapa negara yang menjadikannya sebagai hari libur nasional, namun tidak dengan Indonesia. Sebab, biasanya pada Hari Guru Nasional, seluruh sekolah di Tanah Air akan menggelar upacacara bendera untuk mengenang para jasa pahlawan tanda jasa tersebut.

Sebagai penghargaan khusus, biasanya para siswa dan guru saling mengirimkan ucapan selamat Hari Guru Nasional untuk para guru kesayangan atau rekan.

Baca Juga: Ide 30 Ucapan Hari Guru Nasional 2021 dari Quote Para Tokoh

Berikut beragam ucapan Hari Guru Nasional 2021:

  1. Selamat Hari Guru Nasional 2021. Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan. - Ki Hajar Dewantara.
  2. Janganlah orang mengira bahwa dasar kekeluargaan itu mengizinkan kita melanggar peraturan. Kekeluargaan kita adalah sikap kita pada yang takluk kepada organisasi kita. Barang siapa dengan terang-terangan atau dengan sengaja mengabaikan. Wajiblah kita memandang dia sebagai orang luaran. - Ki Hajar Dewantara.
  3. Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap. - Ki Hajar Dewantara.
  4. Kekuatan rakyat itulah jumlah kekuatan tiap-tiap anggota dari rakyat itu. Segala daya upaya untuk menjunjung derajat bangsa tidak akan berhasil kalau tidak dimulai dari bawah. Sebaliknya rakyat yang sudah kuat akan pandai melakukan segala usaha yang perlu atau berguna untuk kemakmuran negeri. - Ki Hajar Dewantara.
  5. Anak-anak tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu. - Ki Hajar Dewantara.
  6. Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya. - Ki Hajar Dewantara.
  7. Selamat Hari Guru Nasional 2021. Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir. - Ki Hajar Dewantara.
  8. Mempunyai ketetapan, tidak tergoyahkan, berisi dengan berilmu pengetahuan, hingga yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dilakukannya adalah benar dan baik. - Ki Hajar Dewantara.
  9. Selamat Hari Guru Nasional. Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani (Di depan, seorang Pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara Murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan arahan). - Ki Hajar Dewantara.
  10. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu. - Ki Hajar Dewantara.
  11. Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama. - Ki Hajar Dewantara.
  12. Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki. R.A Kartini
  13. Kami berikhtiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Dan Siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula. R.A Kartini
  14. Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. R.A Kartini
    Dan siapakah yang lebih banyak berusaha memajukan kesejahteraan budi itu... Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi manusia, ialah wanita, Ibu... karena
    Haribaan Ibu, itulah manusia mendapatkan didikannya yang mula mula sekali. R.A Kartini
  15. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. R.A Kartini
  16. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu. R.A Kartini
  17. Bukan laki-laki yang hendak kami lawan, melainkan pendapat kolot dan adat usang. R.A Kartini
  18. Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik. R.A Kartini
  19. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. R.A Kartini
  20. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang. - R.A Kartini

Demikian beragam ucapan Hari Guru Nasional 2021.

(Lolita Valda Claudia)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait