alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Disbud DIY Gelar Potensi Desa Budaya TAHUN 2021, Diikuti Pegiat Seni dari 14 Desa Budaya

Galih Priatmojo Selasa, 23 November 2021 | 10:10 WIB

Disbud DIY Gelar Potensi Desa Budaya TAHUN 2021, Diikuti Pegiat Seni dari 14 Desa Budaya
gelaran potensi budaya 2021

Gelar potensi desa budaya 2021 yang mengangkat tema Manunggaling Karsa lan Rasa Wujud Nyata Lestarining Budaya

SuaraJogja.id - Dinas Kebudayaan DIY menggelar acara tahunan gelar potensi desa budaya 2021.

Kali ini pendamping desa budaya Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta yang mendapat mandat untuk menyelenggarakan acara yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Komplek Perkantoran Terpadu PEMDA II Kabupaten Bantul pada Sabtu 20 November 2021.

Gelar potensi desa budaya 2021 yang mengangkat tema “Manunggaling Karsa lan Rasa Wujud Nyata Lestarining Budaya” ini menampilkan para penggiat seni dari 14 desa budaya, antara lain Desa/Kelurahan Seloharjo, Kricak, Sabdodadi, Trimurti, Bangunjiwo, Triwidadi, Mulyodadi, Selopamioro, Panggungharjo, Sitimulyo, Dlingo, Gilangharjo, Srigading, dan Terban.

Setiap kontingen dari desa budaya menampilkan pertunjukan yang merupakan gabungan dari seni karawitan, tari, tembang, upacara adat, kearifan lokal serta unsur seni lainnya yang merupakan potensi atau warisan budaya di wilayah desa budaya masing-masing.

Baca Juga: Saksi dan Korban Dugaan Penyiksaan di Lapas Narkotika Yogyakarta Bertambah, Jadi 91 Orang

Untuk maksud dan tujuan adalah untuk melindungi warisan budaya, keragaman budaya, serta reaktualisasi nilai budaya pada desa  budaya sebagai jati diri bangsa agar tidak tercabut dari akar budayanya.

Selain itu, acara tersebut menjadi sarana evaluasi pembinaan dan pengembangan potensi desa budaya. Dan juga sebagai pelepas rasa rindu masyarakat akan pagelaran kesenian tradisional.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait