alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat Benda Padat: Ciri dan Perubahannya

Risna Halidi Kamis, 25 November 2021 | 10:38 WIB

Sifat Benda Padat: Ciri dan Perubahannya
Ilustrasi es sebagai benda padat (Pixabay/info9srinivas)

Untuk mengenali jenis benda padat, kita bisa mengklarifikasinya berdasarkan ciri-cirinya.

SuaraJogja.id - Sifat benda padat. Di sekeliling kita terdapat banyak benda padat, baik saat beraktivitas maupun sedang beristirahat.

Maka mengetahui sifat benda padat cukup penting sebagai pengetahuan dan wawasan, terutama saat menyentuhnya.

Benda yang ada di sekitar kita dibagi menjadi tiga jenis yakni benda padat, benda gas dan benda cair. Dari tiga jenis benda itu mempunyai sifat dan ciri yang berbeda-beda.

Untuk mengenali jenis benda itu, kita bisa mengklarifikasinya berdasarkan ciri-cirinya. Benda berwujud dikenal sebagai benda padat.

Baca Juga: Pipa Jarigan Gas Rumah Tangga di Kaltim Bocor, Ini Dugaan Penyebabnya

Benda yang wujudnya cair dikenal sebagai benda cair. Sedangkan benda gas merupakan benda yang wujudnya terlihat dan bisa dirasakan keberadaanya.

Pada kali ini akan dibahas mengenai benda padat beserta sifatnya. Jika kita mengamati di sekitar kita, benda padat merupakan jenis benda yang paling mudah ditemukan. 

Adapun contoh benda padat yang berada di sekelilinya kita adalah meja, kursi, batu, keramik, besi, kaca dan sejumlah peralatan rumah tangga lainnya.

Benda ini memiliki sifat dan volume yang tetap. Benda padat mempunyai bentuk, kekerasan serta ukuran yang tidak bisa berubah dengan sendirinya. Sehingga saat benda itu ditaruh di suatu wadah, bentuknya tidak akan mengikuti wadah tersebut.

Benda padat akan berubah jika dipukul, dipanaskan, dipecah, dipotong dan disobek. Selain itu, benda padat bisa berubah bentuknya saat terpengaruh suhu di sekitarnya. Misalnya kapur barus saat ditaruh di sekitar pakaian akan menguap.

Baca Juga: PGN: 23.570 Rumah di Pasuran dan Probolinggo Kini Teraliri Gas Bumi

Namun yang perlu digaris bawahi yakni benda padat tidak selalu mempunyai berat besar. Sebab ada sejumlah benda yang tidak memiliki berat besar disebut dengan benda padat. Misalnya, karet dan busa. Berat benda itu tidak besar, sifatnya lentur dan lunak, namun juga termasuk benda padat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait