alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Sifat-Sifat Magnet, Bukan Hanya Bisa Menarik Logam

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 26 November 2021 | 10:29 WIB

5 Sifat-Sifat Magnet, Bukan Hanya Bisa Menarik Logam
Ilustrasi bola magnet / Sifat-sifat magnet (Pixabay/jules_88)

Awalnya istilah magnet berasal dari bahasa Yunani yaiti magnitis lithos yang artinya batu magnesia.

SuaraJogja.id - Sifat-sifat magnet bukan hanya bisa menarik logam. Magnet adalah material bahan yang memiliki sifat- sifat khusus untuk menghasilkan gaya Tarik maupun gaya tolak jika ditemukan dengan bahan atau material khusus lainnya.

Awalnya istilah magnet berasal dari bahasa Yunani yaitu magnitis lithos yang artinya batu magnesia. Wilayah Magnesia di Yunani tersebut menjadi wilayah yang memiliki kandungan batu magnet sangat banyak.

Sekarang kota ini berubah namanya menjadi Manisia yang terletak di wilayah Turki.

Magnet memiliki beragam fungsi diantaranya bisa menjadi jarum petunjuk arah pada kompas, digunakan pada mesin motor listrik, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Luar Biasa! Sifat Beda Gas yang Tak Biasa: Tarik Antar Partikel Lemah, Ada di Mana Saja

Dikutip dari Ruangguru, berikut ini beberapa sifat-sifat magnet yang harus kamu ketahui:

1. Memiliki Dua Kutub

Ilustrasi magnet (Freepik)
Ilustrasi magnet / Sifat-sifat magnet (Freepik)

Magnet memiliki dua kutub pada bagian ujungnya, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Pada bagian kutub itulah magnet bisa menjalankan fungsinya untuk menarik suatu benda dengan bahan khusus.

Selain kutub positif dan negatif, kutub magnet juga sering disebut sebagai kutub utara dan kutub selatan. Hal ini dibuktikan dengan magnet akan selalu menghadap ke arah bumi bagian utara, dan kutub selatan magnet akan menghadap arah bumi bagian selatan.

2. Bisa Menarik Benda Khusus

Baca Juga: Pengamat: Magnet Habib Rizieq Shihab Kuat, Bisa Dongkrak Suara Capres

Benda yang bisa ditarik oleh magnet terbuat dari bahan tertentu. Jadi meskipun magnet bisa menarik benda, namun tidak semua benda bisa ditarik melainkan hanya yang memiliki sifat- sifat khusus yang berkaitan dengan kemagnetan.

Contoh benda yang bisa ditarik magnet yaitu logam, namun tidak semua jenis logam dapat ditarik dengan sempurna oleh magnet. Ada material bahan logam yang bisa ditarik dengan kuat, namun ada pula yang sangat lemah daya tariknya oleh magnet.

Medan magnet kuno Bumi. [Eurakalert]
Medan magnet kuno Bumi /  Sifat-sifat magnet. [Eurakalert]

3. Kutub Yang Berbeda Akan Saling Menarik dan Menolak

Jika kita mendekatkan dua jenis kutub yang sama maka akan terjadi gaya tolak menolak. Sebaliknya jika kita mempertemukan dua kutub yang berbeda maka akan terjadi gaya tarik- menarik antara kedua magnet tersebut.

Jadi jika ingin menghasilkan gaya tarik menarik antara kedua magnet, maka kita harus mempertemukan dua kutub yang berbeda. Sifat magnet yang satu ini mampu memberikan petunjuk mana letak kutub yang sama dan mana yang berbeda.

4. Gaya Magnet Dapat Menembus Penghalang

Sifat benda magnet selanjutnya, magnet memiliki kekuatan gaya Tarik yang bisa menembus material penghalang, meskipun dengan kategori tertentu. Namun, dalam kategori penghalang yang bisa dilewati magnet tidak bisa terlalu tebal.

Sebagai contoh logam yang terhalang oleh kaca atau kertas benda tersebut akan tetap bisa ditarik oleh magnet.

5. Memiliki Medan Magnet

Medan magnet adalah suatu ruang yang terbentuk dari sekitar magnet yang masih memiliki gaya Tarik magnet selain di dalam material magnet itu sendiri. Karena magnet menghasilkan gaya Tarik maupun gaya tolak, maka magnet juga memiliki medan magnet untuk menghasilkan kekuatan gaya magnet tersebut.

Untuk melihat medan magnet dapat digambarkan seperti garis lengkung yang disebut dengan istilah garis gaya magnet di luar bentuk magnet.

Itulah sifat benda gas beserta penjelasannya.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait