alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penjelasan Fungsi Vakuola Pada Sel Hewan: dari Autofagi Hingga Bantu Proses Eksositosis

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 26 November 2021 | 12:38 WIB

Penjelasan Fungsi Vakuola Pada Sel Hewan: dari Autofagi Hingga Bantu Proses Eksositosis
Buku Biologi Sel / Fungsi Vakuola

Berdasarkan struktur yang terdapat pada sel hewan, ada beberapa organel yang peranannya sangat berbeda dengan sel tumbuhan.

SuaraJogja.id - Dalam sel hewan yang kecil terdapat vakuola yang sangat penting dan sentral dalam kehidupan hewan, fungsi vakuola ini sangat besar. Berdasarkan struktur yang terdapat pada sel hewan, ada beberapa organel yang peranannya sangat berbeda dengan sel tumbuhan.

Ada perbedaan yang fundamental pada sel hewan seperti dinding sel dan kloroplas karena organel ini hanya ada pada sel tumbuhan. Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan lainnya.

Hal ini sekaligus menjadi ciri khas dari sel hewan tersebut. Bagian dari sel hewan ini terdiri dari vesikel, mitokondria, sentriol, nukleus, nukleolus, kromatin, ribosom, retikulum endoplasma, mikrotubulus, membran plasma, vacuola, sitosol, selaput inti, badan golgi, dan lisosom

Dikutip dari Buku Biologi Sel, dalam Banyak sel yang terdapat pada tumbuhan memiliki vakuola sentral yang besar. Bentuk vakuola ini sangat berbeda dengan sel hewan karena pada sel hewan bentuknya lebih kecil bahkan pada beberapa sel ada yang tidak memiliki vakuola.

Baca Juga: LENGKAP Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, dari Dalam hingga Luar Tubuh

Bentuk vakuola ini pada tumbuhan bukan hanya besar tapi terlihat lebih jelas dan lebih tua jika dibandingkan dengan sel hewan.

Buku Biologi Sel
Buku Biologi Sel / Fungsi Vakuola

Vakuola yang terdapat pada tumbuhan umumnya berisi air, fenol, alkaloid, antosianin, dan protein. Vakuola ini berasal dari pelebaran RE dan KG. Sedangkan pada sel hewan, vakuola ini diselubungi oleh membran lipoprotein yang berfungsi sebagai penyimpan, pemindah material, dan memelihara sel dari tekanan dalam sedangkan pada
tumbuhan, vakuola ini berperan dalam hal penyimpanan zat makanan, penguraian zat sisa, sebagai zat hidrolisis makromolekul, dan sebagai pembesaran vakuola yang sangat berperan dalam mekanisme pertumbuhan pada tumbuhan.

Fungsi Vakuola juga dalam kegiatan autofagi. Autofagi merupakan suatu kegiatan dalam katabolisme yang melakukan proses pemecahan komponen – komponen sel yang tidak lagi dibutuhkan.

Dalam proses autofagi dilakukan oleh organel lisosom, vakuola dalam menjaga keseimbangan antar biogenesis dan degradasi zat – zat dalam sel. Vakuola sel hewan lebih kecil jika dibandingkan dengan vakuola pada sel tumbuhan. Vakuola pusat yang ada pada sel tumbuhan dikelilingi oleh tonoplas. Vakuola ini sangat membantu dalam menyokong kegiatan pada sel tumbuhan, termasuk daun dan bagian lunak lainnya.

Buku Biologi Sel
Buku Biologi Sel /  Fungsi Vakuola

Zat terlarut dalam vakuola ini dapat menyerap air. Ketika air masuk ke vakuola, sel menjadi besar dengan begitu bagian – bagian lunak tumbuhan dapat mempertahankan turgiditas dan bentuknya. Vakuola pada sel hewan sangat berperan dalam membantu proses eksositosis dan endositosis. Pada eksositosis, molekul yang ada pada protein dan lipid dikeluarkan dari sel.

Baca Juga: Viral Guru Punya Nama Unik, Sampai Murid Sering Salah Paham

Namun, vakuola ini tidak berperan langsung dalam pengeluaran lipid dan protein. Akan tetapi, vakuola ini berperan hanya sebagai wadah atau tempat dalam lipid dan protein tersebut bereaksi. Proses yang ada pada endositosis merupakan kebalikan dari eksositosis.

Demikian penjelasan fungsi vakuola.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait