alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bawang Putih hingga Apel, Ini Deretan Makanan untuk Tingkatkan Fungsi Ginjal

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 26 November 2021 | 14:34 WIB

Bawang Putih hingga Apel, Ini Deretan Makanan untuk Tingkatkan Fungsi Ginjal
Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)

Ada beragam makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal.

SuaraJogja.id - Salah satu menjaga kesehatan ginjal adalah dengan memperhatikan pola konsumsi makanan sehari-hari. Ada beberapa makanan yang bisa membuat fungsi ginjal berfungsi dengan baik. 

Yuk simak deretan fungsi ginjal berikut ini. 

1. Bawang putih

Ilustrasi bawang putih. [Freepik]
Ilustrasi bawang putih. [Freepik]

Salah satu bumbu dapur untuk meningkatkan fungsi ginjal adalah bawang putih. Bumbu dapur satu ini memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-pembekuan yang sangat tinggi dan berperan mengurangi risiko mengidap penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah timbulnya peradangan dalam tubuh, termasuk di organ ginjal.

2. Berries
Keluarga berries seperti stroberi, rasberry, cranberry, dan bluberi memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan ginjal. Buah-buahan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan serta meningkatkan fungsi kandung kemih dengan baik.

3. Kubis
Kubis salah satu sayuran yang dapat meningkatkan fungsi ginjal dan paling sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

4. Apel

Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)
Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)

Buah apel adalah buah sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Anda harus mengonsumsi apel setiap hari untuk menjaga kualitas ginjal Anda. Selain Apel, anggur dan ceri juga memiliki manfaat yang sama.

5. Putih telur
Putih telur telur kaya akan asam amino dan rendah fosfor. Hal ini merupakan salah satu makanan yang sehat dan dibutuhkan untuk menjaga fungsi ginjal tetap maksimal.

6. Minyak zaitun
Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun mengandung asam lemak anti-inflamasi yang menurunkan oksidasi dan juga dapat mempromosikan ginjal agar tetap sehat.

Baca Juga: Kenali 4 Gejala Awal Penyakit Ginjal, Salah Satunya Pembengkakan di Kaki dan Tungkai

Itulah deretan sayur serta buah untuk meningkatkan fungsi ginjal. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait