alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat Siddiq Artinya Perbuatan Jujur, Salah Satu Cara Memperoleh Keberkahan Hidup

Risna Halidi Senin, 29 November 2021 | 16:01 WIB

Sifat Siddiq Artinya Perbuatan Jujur, Salah Satu Cara Memperoleh Keberkahan Hidup
Ilustrasi untuk artikel Sifat Siddiq artinya selalu benar dan jujur (Pixabay)

Sifat Siddiq artinya selalu benar dan jujur. Begini penjelasan lebih lanjutnya.

SuaraJogja.id - Sifat Siddiq artinya selalu benar dan jujur. Ini merupakan sifat yang dimiliki oleh Rasul, sebab tidak seorang pun Rasul yang berbohong kepada orang lain. Salah satunya saat sifat ini begitu melekat pada Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang diketahui, Nabi dan Rasul merupakan manusia terpilih yang dipilih oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia. Sebagai manusia terpilih, Allah SWT menjaga Nabi dan Rasul dengan sifat yang baik agar menjadi contoh bagi para pengikutnya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa ciri-ciri manusia yang memiliki sifat siddiq artinya selalu berkata benar dan tidak pernah berbohong, perbuatannya selaras dengan perkataan dan selalu menempatkan sesuatu dengan adil.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini tentang sifat siddiq beserta dengan ciri-ciri dan manfaatnya.

Baca Juga: Surah Al Mujadalah ayat 11, Semangat untuk Menuntut Ilmu

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi untuk artikel Sifat Siddiq artinya selalu benar dan jujur (pixbay)

1. Pengertian Sifat Siddiq
Dalam bahasa Arab, kata Jujur semakna dengan “as-siduqa” atau “Siddiq yang berarti benar, nyata atau berkata benar. Lawan kata ini adalah dusta atau dalam bahsa arab “al-kazibu”.

Secara istilah, jujur atau as siduqa bermakna kesesuaian antara ucapan dan perbuatan, kesesuaian antara informasi dan kenyataan, ketegasan dan kemantapan hati, dan sesuatu yang baik tidak dicampuri kedustaan.

2. Ciri-ciri Sifat Siddiq
Manusia yang memiliki sifat siddiq atau jujur pastinya memiliki ciri-ciri, misalnya, berkata benar, tidak suka berbohong, memberikan kesaksian sesuai kenyataan dan adil, tidak pernah ingkar janji.

Selain juga beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, Kesesuaian antara ucapan dan perbuatan, kesesuaian antara informasi dan kenyataan, ketegasan dan kemantapan hati, menyukai sesuatu yang baik dan tidak dicampuri kedustaan.

3. Manfaat
Jujur adalah sikap yang tulus dalam melaksanakan sesuatu yang diamanatkan, baik berupa harta maupun tanggung jawab. Orang yang melaksanakan amanat disebut al-Amin, yakni orang yang terpercaya jujur, dan setia.

Baca Juga: Rincian Jumlah Surah dalam Al Quran Beserta Artinya

Untuk diketahui, sifat jujur merupakan sesuatu yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan, seperti dalam kehidupan rumah tangga, perniagaan, perusahaan, dan hidup bermasyarakat.

Dengan kejujuran, akan mengantarkan seseorang mendapatkan cinta kasih dan keridaan Allah SWT.

Selain itu, kejujuran atau sifat siddiq, merupakan sumber keberhasilan, kebahagiaan serta ketentraman, yang haru dimiliki oleh setiap Muslim.

Bahkan, seorang muslim wajib menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak sejak dini, hingga pada akhirnya mereka menjadi generasi penerus yang meraih sukses dalam mengarungi kehidupan.

4. Keutamaan
Keutamaan dari sifat siddiq yakni, memperoleh ketenangan jiwa, yang menjadi modal berharga untuk meraih kehidupan yang bahagia di dunia.

Memperoleh keberkahan hidup, yang dapat membawa manfaat dalam kebaikan yang banyak. Untuk meraih keberkahan, seorang muslim harus memiliki sifat siddiq atau jujur.

Memperoleh Keselamatan baik dalam dunia maupun akhirat, karena dengan memiliki sifat siddiq, seseorang akan mendapatkan keselamatan dalam hidup ini.

Sifat Siddiq digolongkan oleh Allah dan Rasul-Nya dalam kelompok orang yang benar. Sebab, bila seseorang selalu mempertahankan kebenaran dan kejujuran dalam dirinya.

Dengan memiliki sifat siddiq, seseorang akan terhindar dari kemunafikan. Apabila seseorang berlaku benar atau jujur, pastinya akan terhindar dari kemunafikan.

Itulah tadi ulasan tentang sifat siddiq artinya yang selalu jujur dan benar.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait