facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Processor: Bagian Penting dari Smartphone dan Komputer

Pebriansyah Ariefana Selasa, 30 November 2021 | 13:41 WIB

Fungsi Processor: Bagian Penting dari Smartphone dan Komputer
Ilustrasi smartphone. [Mauro Pimentel/AFP]

Processor ini otak dari berjalannya sistem di ponsel dan komputer itu.

SuaraJogja.id - Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah bagian penting dari ponsel atau juga komputer. Processor ini otak dari berjalannya sistem di ponsel dan komputer itu.

Dikutip dari laman Diskominfo Tanjung Jabung Timur, processor ini mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Dalam processor terdiri dari Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan juga Memory Unit (MU).

ILUSTRASI komputer, media sosial, bekerja, laptop (pixbay)
ILUSTRASI komputer, media sosial, bekerja, laptop (pixbay)

Sementara itu dalam laman UIN Malang, dijelaskan beberapa fungsi processor. Di antaranya:

Baca Juga: Kacamata Pintar Apple Disebutkan Meluncur Tahun Depan, Kekuatannya Setara Mac

  1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
  2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
  4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika
  5. Mengawasi kerja dari ALU
  6. Menyimpan hasil proses ke memori utama

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori.

ILUSTRASI komputer, media sosial, bekerja, laptop (pixbay)
ILUSTRASI komputer, media sosial, bekerja, laptop (pixbay)

Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM.

Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan.

Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi.

Baca Juga: 5 Handphone dengan Kamera hingga 108MP, Mulai dari Rp3jutaan!

Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

Demikian fungsi processor.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait