facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Belum Ada Izin, Pemkot Jogja Tunggu Pusat untuk Vaksinasi Dosis Ketiga

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 02 Desember 2021 | 12:05 WIB

Belum Ada Izin, Pemkot Jogja Tunggu Pusat untuk Vaksinasi Dosis Ketiga
[ILUSTRASI] Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di RPTRA Taman Mandala, Tebet, Jakarta, Senin (29/11/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerangkan, pihaknya belum mendapat izin pemberian vaksin warga untuk dosis ketiga.

SuaraJogja.id - Menyusul rencana Pemerintah Pusat yang akan mendistribusikan vaksinasi dosis ketiga di tahun 2022, Pemkot Yogyakarta masih menunggu kebijakan penerapannya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerangkan, pihaknya belum mendapat izin pemberian vaksin warga untuk dosis ketiga.

"Kalau izinnya kan belum. Jadi kami belum bisa membuat skema atau rencana distribusinya. Sehingga kita menunggu dari Kemenkes," terang Heroe kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Heroe menjelaskan bahwa Yogyakarta belum mendapat distribusi vaksin untuk dosis ketiga dari Jakarta. Pihaknya segera melakukan rapat bersama Dinkes Yogyakarta ketika mendapat tambahan vaksin.

Baca Juga: Tangkal Varian Omicron dengan Vaksinasi Dosis Ketiga, Ini Kata Satgas COVID-19

"Kalau dosis ketiga kan kita tidak bisa beli, jadi mendapat kiriman dari Jakarta. Jika ada tambahan segera kami siapkan skema pemberiannya," ujar dia.

Meski vaksinasi dosis 1 dan 2 di Kota Jogja sudah terdistribusi secara merata, hingga kini, Heroe belum bisa memastikan apakah warga Yogyakarta akan mendapatkan jatah vaksin ketiga itu.

"Kami belum tahu (dapat dosis 3), kalau vaksinasi di Kota Jogja sudah bisa dibilang selesai. Nanti kami tunggu tambahan vaksin dulu ketika dosis 3 sudah diizinkan," katanya.

Heroe menambahkan selain belum adanya kepastian vaksin dosis 3 untuk warga Jogja, vaksinasi anak usia 6-11 tahun juga belum mendapat arahan dari Kemenkes.

"Termasuk juga yang (vaksin) untuk anak 6-11 tahun. Memang ada rencana tahun 2022 diberikan. Tetapi vaksinnya sendiri belum kami terima," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Jogja Bersama DPRD Tandatangani Tiga Raperda, Apa Saja?

Pihaknya berharap meski mayoritas warga Jogja sudah tervaksin, dirinya menekankan kepada masyarakat agar tidak menganggap remeh kondisi landainya penyebaran Covid-19.

"Saya minta agar masyarakat tetap waspada. Jangan karena pertumbuhan kasus Covid-19 turun, seolah-olah tidak ada virus ini. Kami harap protokol kesehatan tetap diperketat," ujar pria yang merupakan Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait