Kumpulan Fungsi Kulit, Bukan Hanya Melindungi Bagian Dalam Tubuh Manusia

Tak banyak yang tahu jika rata-rata berat kulit 4 kg. Selain itu jika dijemberkan seluas 2 meter persegi.

Pebriansyah Ariefana
Kamis, 02 Desember 2021 | 12:26 WIB
Kumpulan Fungsi Kulit, Bukan Hanya Melindungi Bagian Dalam Tubuh Manusia
Fungsi kulit (Universitas Muhammadiyah Malang / eprints.umm.ac.id)

SuaraJogja.id - Salah satu bagian organ tubuh manusia yang paling penting adalah kulit. Kulit ini bagian tubuh manusia terakhir untuk melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar. Berikut fungsi kulit yang perlu Anda ketahui.

Tak banyak yang tahu jika rata-rata berat kulit 4 kg. Selain itu jika dijemberkan seluas 2 meter persegi.

Dikutip dari tulisan ilmiah di Universitas Muhammadiyah Malang (eprints.umm.ac.id), kulit mempunyai berbagai bagian.

1. Epidermis

Baca Juga:5 Cara Menjaga Organ dalam Sistem Eksresi Tubuh Manusia

epidermis punya ketebalan yang berbeda-beda pada berbagai bagian tubuh. Bagian yang paling tebal berukuran 1 milimeter. Pada telapak kaki dan telapak tangan, dan lapisan yang tipis berukuran 0,1 milimeter terdapat pada kelopak mata, pipi, dahi, dan perut.

2. Dermis

Di dalam dermis ini terdapat adneksa-adneksa kulit seperti folikel rambut, papila rambut, kelenjar keringat, saluran keringat, kelenjar sebasea, otot penegak rambut, ujung pembuluh darah dan ujung saraf, juga sebagian serabut lemak yang terdapat pada lapisan lemak bawah kulit.

3. Hipodermis

Hipodermis ini terdiri dari sel-sel lemak, ujung saraf tepi, pembuluh darah dan pembuluh getah bening, kemudian dari beberapa kandungan yang terdapat pada lapisan ini sehingga lapisan hipodermis ini memiliki fungsi sebagai penahan terhadap benturan ke organ tubuh bagian dalam, memberi bentuk pada tubuh, mempertahankan suhu tubuh dan sebagai tempat penyimpan cadangan makanan.

Baca Juga:5 Manfaat Alpha Arbutin bagi Kesehatan Kulit Wajah, Terutama Tipe Kulit Sensitif

Selain untuk melindungi kulit, ada berbagai fungsi kulit di tubuh manusia. Berikut ulasannya:

1. Termoregulasi

Kulit berkontribusi pada termoregulasi tubuh dengan dua cara, yaitu: dengan cara melepaskan keringat dari permukaan dan menyesuaikan aliran darah di dermis.

2. Reservoir Darah

3. Proteksi

Kulit memproteksi tubuh dengan berbagai cara. Keratin membantu proteksi jaringan dibawahnya dari mikroba, abrasi, panas, dan kimia. Lipid dilepaskan oleh lamellar granules menghambat penguapan air dari permukaan kulit, sehingga menjaga tubuh dari dehidrasi.

4. Ekskresi dan Absorbsi

Walaupun stratum korneum bersifat tahan air, sekitar 400 ml air menguap melaluinya setiap hari. Keringat berperan sebagai melepas air dan panas dari tubuh, selain itu keringat juga sebagai transportasi untuk ekskresi beberapa jumlah garam, karbon dioksida, dan 2 molekul organic yang dihasilkan oleh pemecahan protein: amonia dan urea.

5. Cutaneous Sensations

Demikian pembahasan fungsi kulit.

Kontributor : Rio Rizalino

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak