alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Fungsi Tulang Pengumpil, Organ Penting yang Rawan Retak

Risna Halidi Senin, 06 Desember 2021 | 10:12 WIB

5 Fungsi Tulang Pengumpil, Organ Penting yang Rawan Retak
Ilustrasi tulang/ Fungsi Tulang Pengumpil (Pexels/cottonbro)

Tulang pengumpil sendiri adalah tulang berbentuk pipa yang ada di tangan manusia.

SuaraJogja.id - Fungsi tulang pengumpil. Tulang pengumpil dan tulang hasta ibarat sebuah paket yang tak bisa dipisahkan. Keduanya perlu bekerjasama untuk membantu Anda melakukann beragam kegiatan dengan lengan dan tangan.

Tulang pengumpil adalah tulang berbentuk pipa yang ada di tangan manusia. Tulang yang menyusun lengan bawah itu memanjang dari sisi lateral atau menjauhi garis tengah. Tulang ini berasal dari ibu jari pergelangan tangan sampai ke bagian siku.

Tulang pengumpil biasanya kuat dan padat meskipun ukurannya lebih pendek dari tulang hasta. Namun, tak semua tulang pengumpil pada manusia berbentuk sempurna.

Ada beberapa faktor seperti kecacatan yang membuat tulang pengumpil bisa lebih pendek dari seharusnya. Berikut fungsi-fungsi tulang pengumpil bagi kehidupan manusia:

Baca Juga: Avanza Tabrak Truk di Jalintim Tulang Bawang, Satu Penumpang Tewas

1. Tempat Otot Melekat
Tulang pengumpil berfungsi sebagai tepat melekatnya beberapa otot lengan bagian bawah.
Ada tujuh titik otot tulang pengumpil sebagai sistem gerak yaitu otot supinator, otot biceps, otot fleksor digitorum superfisialis, otot pronator, otot fleksor, otot brachioradialis, dan otot pronator quadratus.

2. Menyusun Kerangka Lengan Bawah
Fungsi paling paling utama dari tulang pengumpil adalah menyusun kerangka lengan bawah.

Penyusunan kerangka ini adalah bagian dari rangka alat gerak manusia atau biasa disebut ekstremitas dari manusia.

3. Menyusun Lengan Bagian Bawah
Tulang pengumpil berperan memberikan struktur pada lengan bagian bawah. Hal ini sekaligus membantu pergerakan lengan dan tangan. Penyusunan ini terjadi bersama dengan tulang hasta.

4. Menggerakan Pergelangan Tangan
Otot serta sendi dalam tulang pengumpil berfungsi menggerakkan pergelangan tangan. Selain itu tulang pengumpil juga memiliki peran untuk produksi sel darah. Hal ini karena terdapat sumsum tulang yang banyak atau tulang pipa.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Laring, Penyakit hingga Perawatan

5. Membantu Angkat Beban
Tulang pengumpil bekerja sama dengan tulang hasta berfungsi untuk mengangkat benda ke arah atas. Selain itu kerja sama tersebut juga untuk melakukan berbagai hal dengan lengan dan tangan.

Fungsi lainnya yakni sebagai penyokong lengan saat sedang merangkak ataupun mengangkat beban.

Tulang Pengumpil Rawan Patah
Keretakan atau patah tulang adalah cedera yang paling umum terjadi pada tulang pengumpil.

Saat terjatuh, kemungkinan orang akan cenderung menahan berat badannya dengan tangan bagian bawah. Hal ini membuat tulang pengumpil mendapatkan tekanan yang lebih besar daripada tulang hasta.

Rasa sakit merupakan tanda atau gejala utama dari keretakan atau patah pada tulang pengumpil. Umumnya, rasa nyeri bisa dirasakan pada bagian tubuh tertentu, seperti lengan bawah, sikut, dan pergelangan tangan.

Selain itu, ada beberapa gejala yang timbul pada tulang pengumpil yang cedera seperti memar, bengkak, kebas, suara gemeretak, serta adanya tulang yang menonjol.

Meski keretakan tulang pengumpil tidak membahayakan nyawa, Anda tetap perlu menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Jenis penanganannya tergantung dari tingkat keparahan.

Problem pada tulang pengumpil dapat ditangani dengan operasi, memakai gips, atau alat penyokong lain.

Rata-rata masa penyembuhan patah tulang pengumpil sampai berfungsi kembali adalah sekitar 2 sampai 3 bulan. Terapi fisik atau fisioterapi dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan.

Demikian penjelasan mengenai fungsi tulang pengumpil berikut kerentanan dan cara perawatannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait