alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Protein Bagi Tubuh: Membentuk, Memelihara Jaringan Hingga Atur Keseimbangan

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 12:34 WIB

Fungsi Protein Bagi Tubuh: Membentuk, Memelihara Jaringan Hingga Atur Keseimbangan
Ilustrasi makanan sumber protein, susu, ikan, daging dan telur. (Shutterstock)

Protein merupakan makronutrien penting yang terdiri dari asam amino esensial dan non esensial.

SuaraJogja.id - Salah satu zat yang penting dalam perkembangan maupun pertumbuhan tubuh adalah protein. Protein merupakan makronutrien penting yang terdiri dari asam amino esensial dan non esensial. Apa saja fungsi protein bagi tubuh?

Dalam makhluk hidup protein memiliki peran sebagai pembentuk struktur sel dan beberapa jenis protein yang memiliki peran fisiologis.

Protein digunakan sebagai zat pembangun tubuh untuk mengganti dan memelihara sel tubuh yang rusak, reproduksi, mencerna makanan, dan kelangsungan proses normal di dalam tubuh.

Meskipun penting tidak semua makanan menghasilkan atau mengandung protein, hanya beberapa makanan tertentu yang menghasilkan protein beberapa sumber protein pada makanan antara lain kacang-kacangan dan hasil olahannya telur, ikan, daging udang, susu, brokoli, bayam, tempe, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sasar Pengguna Windows 11, Microsoft Rilis NotePad Baru

Makanan tersebut perlu ditambahkan atau dikonsumsi guna mencukupi kebutuhan protein di dalam tubuh, dan juga sebagai zat tambahan untuk mencegah dan mengatasi anemia.

Ilustrasi makanan sumber protein. (Elements Envato)
Ilustrasi makanan sumber protein. (Elements Envato)

Fungsi Protein Bagi Tubuh

Mengingat protein sebagai zat yang cukup penting bagi tubuh, berikut ini adalah fungsi protein yang harus kamu ketahui, antara lain

  1. Membentuk jaringan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan
  2. Memelihara jaringan tubuh, memperbaiki serta mengganti jaringan yang rusak atau mati
  3. Menyediakan asam amino yang diperlukan untuk membentuk enzim pencernaan dan metabolisme serta antibodi yang diperlukan.
  4. Mengatur keseimbangan air yang terdapat dalam tiga kompartemen yaitu intraseluler, ekstraseluler/intraseluler, dan intravaskuler.

Protein ditemukan diseluruh tubuh dalam otot, tulang, kulit, rambut, dan hampir setiap bagian atau jaringan tubuh lainnya.

Protein juga berperan sangat penting bagi kalian yang tengah ada dalam program diet, Sebagaimana dikutip dari healthline.com protein menggantikan karbohidrat dan mengurangi hormon yang menyebabkan rasa lapar dan membuat kamu mengkonsumsi makanan dengan jumlah serta kalori yang lebih sedikit secara otomatis.

Baca Juga: Sudah Capai Target Vaksinasi Covid-19, Binda DIY Tetap Sisir Wilayah Tak Tersentuh Sleman

Meskipun protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, kamu harus tetap mengkonsumsi protein sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Terutama protein hewani, mengkonsumsi protein hewani yang berlebihan justru dapat menyebabkan masalah lain pada sistem pencernaan karena sifatnya yang sulit untuk diuraikan dan diserap secara menyeluruh karena sisa-sisa makanan yang tidak diserap oleh tubuh akan menumpuk dan membusuk di usus.

Demikian fungsi protein bagi tubuh.

Kontributor : Kiki Oktaliani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait