facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Berjalan Dua Pekan, 12 Ribu Anak di Jogja Tervaksin

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 29 Desember 2021 | 08:35 WIB

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Berjalan Dua Pekan, 12 Ribu Anak di Jogja Tervaksin
Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di BSCC Dome, Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Sejak pertama vaksinasi anak 6-11 tahun dimulai pada 18 Desember 2021, sedikitnya 10 ribu anak sudah tervaksin.

SuaraJogja.id - Sebanyak 12 ribu anak usia 6-11 tahun di Kota Jogja sudah tervaksinasi selama dua pekan terakhir. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta segera menyelesaikan vaksinasi anak pada 2022 mendatang.

Kepala Dinkes Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menjelaskan, sejak pertama vaksinasi anak 6-11 tahun dimulai pada 18 Desember 2021, sedikitnya 10 ribu anak sudah tervaksin.

"Pada kick off vaksinasi anak 6-11 tahun kemarin itu ada 10 ribu yang sudah menerima vaksin. Setelah itu kami terus lakukan hingga saat ini mencapai 12 ribu anak tervaksin," ujar Emma dihubungi SuaraJogja.id, Selasa (28/12/2021).

Emma menjelaskan per Selasa ini, terdapat tambahan dua ribu anak yang sudah divaksin. Jumlah itu belum terhitung dari kecamatan atau kemantren yang juga melaksanakan vaksinasi anak.

Baca Juga: Kocak! Ditanya Nama Presiden Indonesia, Siswa SD Malah Jawab Gibran, Ini Alasannya

"Kalau totalnya untuk hari ini lebih dari dua ribu ya, karena di wilayah-wilayah juga menggelar vaksinasi," kata Emma.

Ia mengatakan vaksinasi anak tersebut mengikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dimulai tiap bulan November. Sehingga vaksinasi juga dilanjutkan hingga Desember hingga target penyelesaian tercapai.

"Kalau dari Kemenkes kan sekitar 39 ribu. Tapi kalau target dari kami sebanyak 40 ribu anak yang divaksin. Jadi sekolah kami arahkan untuk tetap melaksanakan vaksinasi dengan koordinasi puskesmas terdekat, meski libur sekolah," katanya.

Vaksinasi yang diberikan kepada anak adalah jenis Sinovac. Hingga kini, pihaknya belum mendapat hasil Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Sejauh ini belum ada laporan terkait efek serius setelah anak diberikan vaksin," katanya.

Baca Juga: BIN Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Lampung Selatan Mulai Hari Ini

Disinggung target penyelesaian vaksinasi anak 6-11 tahun, Emma hanya berharap bisa segera selesai. Pihaknya tidak menargetkan bahwa tahun 2021 vaksinasi harus sudah selesai.

Di sisi lain, Dinkes juga masih menyelesaikan vaksinasi warga dosis kedua. Hingga kini sekitar 500 ribu warga ber-KTP Jogja dan domisili di Jogja sudah tervaksin.

"Sebenarnya yang dosis dua sudah hampir selesai. Mengingat dosis pertama ada 600 ribu warga yang sudah divaksin. Semoga akhir tahun (2021) dosis 2 sudah selesai," ungkapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait