facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi? Ini Pengertian dan Penjelasannya

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 29 Desember 2021 | 18:09 WIB

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi? Ini Pengertian dan Penjelasannya
Ilustrasi buku elektronik. [Unsplash/Freestocks]

Teks eksplanasi banyak dipakai dalam uraian mengenai ilmu pengetahuan, makalah atau kajian ilmiah di dunia pendidikan.

SuaraJogja.id - Dalam hidupnya, manusia menemui sejumlah kejadian atau peristiwa. Terkadang peristiwa atau kejadian tersebut memuat fakta-fakta dan fenomena yang membutuhkan penjelasan. 

Oleh karena itu, seseorang kadang harus memberikan penjelasan secara lisan atau tertulis mengenai hal tersebut agar dapat dimengerti oleh orang lainnya, atau bahkan bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan yang baru.

Penjelasan tertulis mengenai sebuah peristiwa atau fenomena tertentu masuk dalam kategori teks eksplanasi. Untuk merinci penjelasan mengenai peristiwa tersebut dibutuhkan sejumlah fakta agar penjelasan lebih mudah dimengerti.

Lalu apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi untuk Mengetahui Bagaimana Peristiwa Terjadi dalam Sebuah Bacaan

Apa itu fakta?

Menurut laman Wikipedia.org, fakta berasal dari bahasa latin, yakni factus. Artinya adalah segala sesuatu yang bisa ditangkap oleh indera manusia.

Hal tersebut bisa berupa kejadian, peristiwa, atau bahkan data. Bagi sebagian orang, fakta seringkali diyakini sebagai kebenaran, karena fakta erat kaitannya dengan pengalaman yang nyata dan dekat yang dialami satu atau banyak orang.

Meski begitu sebuah fakta harus teruji dengan ketat, terukur, bisa diamati dan yang paling penting adalah dapat dibuktikan secara empiris.

Pengertian Teks Eksplanasi

Baca Juga: Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Tujuan

Dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas, ada penjelasan mengenai teks eksplanasi. Secara ringkas, teks eksplanasi adalah sebuah uraian dalam bentuk tulisan yang berisi penjelasan mengenai “apa dan bagaimana” dari sebuah peristiwa. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait