alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Belum Lama Diresmikan Fasilitas di Jalan Perwakilan Rusak, DPRD Kota Yogyakarta Soroti Hal Ini

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 13 Januari 2022 | 20:00 WIB

Belum Lama Diresmikan Fasilitas di Jalan Perwakilan Rusak, DPRD Kota Yogyakarta Soroti Hal Ini
Sejumlah kendaraan melintas di sekitar granit yang pecah di Jalan Perwakilan, Kota Jogja, Kamis (13/1/2022). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

fasilitas batu granit di Jalan Perwakilan rusak

SuaraJogja.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta menanggapi rusaknya fasilitas berupa batu granit yang ada di Jalan Perwakilan. Proyek senilai Rp10 miliar tersebut sudah rusak meski belum genap sebulan diresmikan Wali Kota Yogyakarta.

"Permasalahannya adalah pada saat pembangunannya itu belum kering jadi kan itu masih basah tapi sudah digunakan untuk kendaraan lewat," ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta, Ririk Banowati Permanasari.

Ririk mengatakan bahwa persoalan kendaraan melintas meski kondisi pembanguan jalan belum maksimal itu harus ada koordinasi antara Dishub dan DPUPKP.

"Artinya memang harus perlu koordinasi, namanya kan yang mengizinkan kendaraan melintas itu dari Dishub dan mungkin juga dari Dishub itu pertimbangannya untuk memecah lalu lintas dan kemacetan di Malioboro makanya dibuka yang di Jalan Perwakilan," ujar dia.

Baca Juga: Dibahas Cukup Lama, 3 Raperda Ini Disetujui DPRD Kota Yogyakarta

Ririk berharap DPUPKP segera membuat solusi untuk perbaikan titik jalan yang rusak, meski tidak bisa ditutup total selama perbaikan.

"Dan mungkin ke depan jangan terulang lagi lah kejadian semacam ini karena anggaran itu kan cukup besar ya. Jadi ya terkait perencanaan dan pelaksanaan harusnya benar-benar detail. Masa baru satu bulan sudah begitu," tegur Ririk.

Dia tak menampik bahwa di Jalan Perwakilan terdapat sejumlah pintu masuk ke hotel, dimana akses masuk kendaraan tidak bisa dialihkan. Sehingga Pemkot perlu menyiapkan skema agar fasilitas jalan tidak kembali rusak.

"Jalan Perwakilan itu memang jadi salah satu jalur untuk masuk ke hotel yang ada di sana. Dinas berkoordinasi lah bagaimana supaya akses ke sana tetap bisa dan tidak mengganggu atau merusak fasilitas yang sudah dibangun. Apalagi ini kan masuk ke bagian di seputaran sumbu filosofis," kata dia.

Sementara Kepala DPUPKP Kota Yogyakarta, Hari Setyawacana menjelaskan bahwa kerusakan itu sudah ditangani oleh pihak ketiga. Nantinya akan dipasang lembaran plat di atas batu granit yang pecah.

Baca Juga: Setjen DPR Sarankan DPRD Kota Yogyakarta Atur Ulang Tata Tertib

"Nah maka dari itu, nanti lembaran plat ini kami pasang setelah mengganti granit-granit yang pecah. Sehingga kendaraan tidak langsung langsung menyentuh batu granit yang diperbaiki. Kita cari solusi seperti itu," jelas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait