facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jokowi Klaim Ibu Kota Baru dengan Nama Nusantara, Keputusannya Dinyinyiri Netizen Malaysia

Galih Priatmojo Selasa, 18 Januari 2022 | 11:19 WIB

Jokowi Klaim Ibu Kota Baru dengan Nama Nusantara, Keputusannya Dinyinyiri Netizen Malaysia
Desain Ibu Kota baru Indonesia di Kaltim. [Istimewa]

netizen dan media Malaysia turut soroti ibu kota baru Indonesia yang diberi nama Nusantara

SuaraJogja.id - Rencana pemindahan ibu kota baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Utara terus mengemuka. Terkini ibu kota baru tersebut bakal dinamakan Nusantara. Penamaan itupun mendapat sorotan termasuk dari netizen dan media Malaysia.

Peresmian nama Nusantara untuk ibu kota baru beberapa waktu lalu telah disetujui oleh Presiden Jokowi.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan bahwa persetujuan tersebut telah diberikan pada Jumat lalu.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat (14/1). Beliau mengatakan IKN ini namanya Nusantara," kata Suharso dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/20222).

Penamaan ibu kota baru yang dinamai Nusantara tersebut pun jadi perbincangan publik hingga trending di Twitter. Tak hanya itu, penamaan Nusantara nyatanya juga jadi perbincangan di luar Indonesia salah satunya jadi sorotan media Malaysia Astro AWANI.

Baca Juga: Pilih Nusantara sebagai Nama IKN, Presiden Jokowi Ungkap Alasannya

Dalam unggahan di Facebook media tersebut diketahui sejumlah netizen setempat turut membahas mengenai penamaan Nusantara untuk ibu kota baru Indonesia. Tak sedikit yang menyayangkan nama itu diklaim sebagai nama ibu kota.

"Bazir duit buat ibu negara baru," kata muza*****

"Kan Nusantara ni adalah gugusan pulau-pulau Melayu yang merangkumi Malaysia, Brunei DS, Indonesia n kepulauan Filipino. Ngape plk nama ni jdi hak mutlak Indonesia. Please dont claim the name is yours," tulis isa*****

"Macam dah tak ada nama lain. Bukan dia tak tahu perkataan Nusantara ni orang Malaysia pun ramai guna untuk menunjukkan satu kawasan geografi. Nak claim dia pusat kepada Alam Nusantara ke?" kata am

Prediksi Nusantara Sudah Muncul Sejak 2013

Baca Juga: Nusantara Dipilih Jokowi Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru di Kaltim

Sebelum Presiden Jokowi setuju penamaan ibu kota baru dengan nama Nusantara, siapa kira sudah terprediksi jauh sebelumnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait